Wisata Riverboarding di Kali Susur Kecamatan Polanharjo, Klaten

Oleh dipublikasikan tanggal May 6th, 2014 pada kategori FITUR, WISATA & KULINER.


Wisata Riverboarding mungkin termasuk jenis wisata yang jarang bisa di temui, tapi di daerah Polanharjo, Klaten terdapat wisata tersebut yang sudah dikenal para pecinta wisata alam, berikut liputannya.

wisata-riverboarding-di-polanharjo-klaten

Wisata Riverboarding mungkin lebih dikenal di wilayah Jawa Timur dan Jawa Barat.

Namun di Kabupaten Klaten ternyata terdapat wisata Riverboarding, tepatnya di Kali Pusur, Kecamatan Polanharjo, Klaten.

Salah satu wisatawan alam Juliyan Beatrik (21), asal Jogja, mengaku baru pertama kali ini mengetahui dan mencoba wisata alam sekaligus olahraga tersebut.

Bahkan dirinya yang tidak suka berenang ternyata mengaku sangat menikmati wisata di Kali Pusur tersebut.

“Saya baru tahu kalau ada riverboarding di Klaten dari teman saya. Saya sebenarnya tidak bisa berenang. Namun asik sekali tadi riverboardingnya. Ingin mencoba lagi di lain waktu,” ucapnya, saat istirahat di rest area, di Klaten, Sabtu (3/5).

Gadis yang menyukai tantangan tersebut mengaku sangat suka ketika berada di aliran sungai yang banyak batunya. Pasalnya, saat riverboarding dia dapat merasakan keseruan di atas papan riverboarding yang dinaikinya.

“Seru saat bisa melenggak-lenggok terbawa arus air yang deras,” jelasnya.

Wisata Riverboarding tersebut awalnya dari hobi dari salah satu komunitas pecinta alam, Pasmaja. Namun kemudian berlanjut menjadi wisata yang dikomersialkan.

Meskipun baru dimulai 2012 lalu, namun berbagai wisatawan dari luar Klaten tidak sedikit yang telah mencobanya.

Tridoyo Suryo Saputro, salah satu pengurus dari wisata tersebut, mengatakan medan riverboarding di Kali Pusur tersebut tepat diperuntukkan bagi pemula.

Pasalnya, kedalam sungai dan tingkat kesulitan medan yang berbatu tidak membahayakan bagi wisatawan yang baru pertama kali mencobanya.

“Mengarungi sungai dengan board (papan) tidak ada yang membosankan. Selain bermain dengan jeram yang menyenangkan, tamu dapat menikmati pemandangan alam sekitar yang mayoritas masih alami,” jelas pria yang akrab dipanggil Doyok itu.

Meski demikian, tempat tujuan wisata yang tergolong baru di Klaten itu belum terjamah oleh pemerintah daerah.

Sebagai salah satu pencetus dari wisata tersebut, dia mengharapkan pemerintah dapat memperhatikan, terlebih mempromosikan wisata tersebut.

“Setidaknya pemerintah mau ikut memperkenalkan wisata ini meski tergolong baru di Klaten. Kalau dibandingkan Sungai Oyo di Gunungkidul, kurang lebih sama medannya. Kali Pusur ini terbilang cukup jernih, namun akan lebih baik lagi jika sampah-sampah tidak dibuang di sini,” urainya.

Selama mengkomersialkan wisata tersebut secara swadaya, Doyok mengaku lebih banyak melayani tamu dari luar daerah dan bahkan sempat wisatawan asing.

“Minimal sekali putaran riverboarding enam sampai sepuluh orang. Mereka akan dikawal tiga sampai empat orang ahlinya,” tambahnya.

Sejumlah peralatan bagi pengunjung juga disediakan sebagai bagian dari keselamatan, seperti helm, pelampung, pelindung kali,dan termasuk board-nya. (sumber: Tribunnews)

Demikian liputan yang disalin dari Tribunnews.




2 Responses for “Wisata Riverboarding di Kali Susur Kecamatan Polanharjo, Klaten”

  1. Wah boleh juga tuh dicoba,, thanks infonya

  2. keren nih. nice info thanks

Leave a Reply

TV Klaten Video Klaten Lowongan Kerja Klaten Iklan Klaten Jasa Pembuatan Website Klaten Pusat Souvenir Klaten

Berita Terbaru

Wahana Kampung Dolanan Tradisional di Kompleks Candi Prambanan

Klaten – Taman Wisata Candi Prambanan tidak lagi diasosiasikan dengan tempat wisata bagi orang dewasa saja. Dengan adann...

MWC NU Kecamatan Tulung Gelar Salat Gaib bagi Almarhum Husni Kamil Malik

Klaten – Atas perintah dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Tulung, Klaten, meng...

Libur Lebaran, Ruas Jalan Menuju Candi Prambanan Dilanda Kemacetan

Klaten – Kemacetan yang tidak lazim terjadi mulai dari ruas jalan di depan pabrik susu SGM Kemudo menuju ke arah Candi P...

Warung Garang Asem Mbah Rono; Tempat Singgah yang Menyenangkan bagi Para Pemudik

Klaten – Bagi para pemudik lebaran, perjalanan mudik ke kampung halaman tidak ubahnya adalah sebuah perjalanan wisata, t...

Lebaran Diwarnai Kemacetan Arus Mudik dan Kecelakaan

Klaten – Lebaran tahun ini diwarnai oleh kemacetan jalur arus mudik dan kecelakaan yang menewaskan dua pengendara motor ...

Polisi Klaten Memperketat Mapolres Pasca Ledakan Solo

Peristiwa ledakan bom bunuh diri yang terjadi di halaman Mapolres Kota Solo Selasa (5/7) kemarin memaksa berbagai pihak ...

Bantuan WOM Finance Untuk UKM Start Up Klaten

Klaten termasuk salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang banyak memiliki talenta pengusaha UKM. Dari beberapa jenis kera...

Sanksi Untuk PNS Klaten Yang Bolos Pasca Libur Lebaran

Hari Raya Idul Fitri 1437H yang akan jatuh pada hari Rabu, 6 Juli 2016 tidak hanya disambut dengan sukacita oleh seluruh...

SUKA KLATEN.INFO?