Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » WISATA & KULINER » Warung Garang Asem Mbah Rono; Tempat Singgah yang Menyenangkan bagi Para Pemudik

Warung Garang Asem Mbah Rono; Tempat Singgah yang Menyenangkan bagi Para Pemudik

(94 Views) July 9, 2016 7:48 am | Published by | No comment

Klaten – Bagi para pemudik lebaran, perjalanan mudik ke kampung halaman tidak ubahnya adalah sebuah perjalanan wisata, terutama wisata kuliner.Karena lamanya waktu tempuh perjalanan mudik ditambah lagi dengan kemacetan yang merajalela, para pemudik diharapkan mampu tetap menghibur diri mereka agar tidak merasa tertekan selama di perjalanan.

Warung Garang Asem Mbah Rono; Tempat Singgah yang Menyenangkan bagi Para Pemudik

Warung Garang Asem Mbah Rono; Tempat Singgah yang Menyenangkan bagi Para Pemudik

Bagi para pemudik yang kebetulan melintas di daerah Klaten, warung garang asem Mbah Rono bisa menjadi tempat persinggahan yang tepat. Garang asem yang merupakan makanan khas Solo dan daerah sekitarnya, termasuk Klaten, adalah masakan yang berbahan utama Ayam, rempah-rempah (termasuk belimbing wuluh), dan santan yang semuanya dibungkus daun pisang kemudian dikukus.  Rasa lezat dan segarnya sajian garang asem serta suasana warung yang nyaman sudah tentu dapat menghilangkan rasa penat setelah menjalani perjalanan yang cukup panjang.

Lokasi warung garang asem Mbah Rono terbilang sangat strategis karena terletak tepat di tepi jalan raya Yogya-Solo kilometer 21, tepatnya di perempatan Pakis. Di warung yang telah berusia hampir tujuh dasawarsa ini para pemudik dapat merasakan gurih dan segarnya sajian garang asem sembari menghilangkan rasa capai sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

Warung ini didirikan oleh Mbah Rono Wijoyo pada tahun 1948. Pemilik warung saat ini, Rono Hadi Saputro atau lebih dikenal dengan Pasih Sutrisni, adalah generasi keempat pemilik warung tersebut. Berawal dari sebuah warung yang sangat sederhana, saat ini warung Mbah Rono sudah tampak cukup besar dan nyaman. Namun demikian, resep asli garang asem sang pendiri warung tersebut tetap dipertahankan.

Hal lain yang spesial dari garang asem yang disajikan di warung tersebut adalah harganya yang tidak terlalu mahal. Untuk satu porsi garang asem dengan bungkus yang cukup besar, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 20.000. Harga tersebut berlaku hanya pada hari Sabtu dan Minggu serta musim liburan seperti saat ini. Pada hari biasa, harga satu porsi garang asem hanya sebesar Rp. 18.000.

Jika Anda melintasi perempatan Pakis, ada baiknya Anda singgah sebentar di warung tersebut untuk merasakan nikmatnya sajian garang asem Mbah Rono.

Tags:

garang asem pakis Mbah Rono Pakis

No comment for Warung Garang Asem Mbah Rono; Tempat Singgah yang Menyenangkan bagi Para Pemudik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *