Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » MASYARAKAT » Warga Kaplingan berharap sambungan listrik cepat terealisasi

Warga Kaplingan berharap sambungan listrik cepat terealisasi

(57 Views) November 26, 2008 7:20 am | Published by | No comment

Wonosari (Espos) – Warga Dukuh Kaplingan, Desa Sidowarno, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, meminta jaringan listrik di wilayah tersebut sudah terpasang pada tahun 2008. Dukuh yang terbentuk seusai pelurusan Sungai Bengawan Solo itu, selama 20 tahun belum tersentuh jaringan listrik.

Penduduk setempat hanya menggunakan lampu minyak tanah untuk penerangan. “Kami berharap, paling tidak akhir tahun ini sudah bisa dipasang,” tegas salah satu warga Kaplingan, Pawiro Ijoyo saat ditemui Espos, Minggu (23/11).

Pawiro menjelaskan, penerang-an di rumahnya selama ini mendompleng pada saluran listrik milik orang lain. “Tentu saja itu punya konsekuensi. Selain selalu mendapat teguran dan larangan dari petugas PLN setempat, juga tidak leluasa memafaatkan arus listrik yang ada. Terkadang salurannya terputus atau sengaja diputus. Kalau malam, dukuh ini seperti kuburan,” katanya dia.

Hal senada juga disampaikan Rajimin, warga setempat. Menurutnya, wilayah yang dihuni 20 kepala keluarga (KK) itu berada dalam kondisi mengenaskan. Sebab, kebutuhan listrik yang dinilainya sangat mendesak belum juga terwujud. “Akibatnya pemilik lahan di lokasi tersebut menjadi malas kalau untuk membangun rumah. Saat sekarang, siapa yang mau hidup tanpa listrik,” ujar Rajimin.

Jika nantinya jaringan listrik terpasang, lanjut dia, maka tidak menutup kemungkinan kesejahteraan masyarakat yang mayoritas bekerja sebagai buruh tani itu bisa meningkat.
Terpisah, Kepala Desa Sidowarno, Rujito Suprayogo menjelaskan, harapan warga Kaplingan tentang pemasangan jaringan listrik mulai menemui titik terang.

Menurut dia, dalam waktu dekat akan terealisasi seiring telah dianggarkanya kebutuhan tersebut pada APBD-P. “Setelah dianggarkan, biaya dari APBD-P untuk pemasangan jaringan listrik di Dukuh Kaplingan juga telah disetujui. Berarti tinggal mekanisme pencairannya saja,” jelas Rujito.

Jika dananya sudah cair, kata dia, maka pemasangan jaringan listrik di lokasi tersebut tidak akan ditunda-tunda lagi. “Semua upaya telah kami coba misalnya hampir ke semua PLN terdekat bahkan hingga ke Semarang. Tapi hasilnya nol.

Makanya, kami mengirimkan surat pada Oktober 2007 dan mengirim proposal resmi pada Mei 2008 dengan tujuan langsung ke Bupati (Sunarna-ra/). Meminta untuk bisa diusahakan dan dianggarkan di APBD-P. Akhirnya membuahkan hasil,” tandas dia. m74

Sumber : SOLOPOS/241108


Tags:
Categorised in:

No comment for Warga Kaplingan berharap sambungan listrik cepat terealisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *