Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » IDE DAN KREASI » Usaha Pembuatan Lampu Hias dari Kulit Jagung Beromzet Puluhan Juta

Usaha Pembuatan Lampu Hias dari Kulit Jagung Beromzet Puluhan Juta

(175 Views) November 29, 2011 8:18 pm | Published by | 2 Comments

Jagung sering kita jumpai dan dikonsumsi sebagai makanan ringan, dan bahkan menjadi makanan pokok di sejumlah wilayah Indonesia bagian timur. Kulit jagung yang biasanya dibuang menjadi sampah, ternyata bisa mendatangkan rupiah dengan omzet puluhan juta per bulan.

image: kontan.co.id

Ery Murdiyanto dari Jongjava’s Art dan Heri Darmawan dari Gallery Goa Barong, Klaten, yang menyulap kulit jagung menjadi kap lampu hias cantik dan benilai jual tinggi. Kreatifitas itu berawal dari banyaknya limbah kulit jagung di sekitar rumah mereka.

Pembuatan lampu hias tersebut dilakukan dengan cara menyetrika kulit jagung terlebih dahulu, selanjutnya digunting menurut pola, kemudian ditempel satu per satu ke permukaan fiber dan setelah tertempel rapi fiber dipasang pada sebuah rangka bambu atau kayu, selanjutnya tinggal memasang dudukan bola lampu pada rangka.

Salah satu kelebihan produk ini adalah proses pembuatan tidak menggunakan bahan kimia karena pewarnaan tetap mengandalkan warna alami kulit jagung. Agar lebih menarik, ditambahkan hiasan cantik dari daun kering, bunga kering, pelepah pisang kering, buah-buahan kering seperti buah mahoni dan bunga kelapa kering.

Eri salah seorang pengrajin mengatakan dalam satu hari mampu membuat 10 lampu dengan dibantu lima orang karyawan. Lampu dibuat dengan berbagai ukuran, harga mulai dari Rp 50.000 untuk tinggi 50 cm, sampai Rp 500.000 untuk lampu besar setinggi dua meter.

Permintaan lampu hias ini datang dari berbagai kota di Indonesia. Seperti Yogyakarta dan Solo, bahkan Jakarta, Bali, dan Sorong, Papua. Biasanya pembeli merupakan pemilik rumah makan, hotel ataupun penjual berbagai kerajinan. Usaha ini mampu menghasilkan omzet hingga Rp 75 juta per bulan.

Tags:

cara membuat lampu hias dari kayu cara membuat lampu hias cara membuat lampu hias dari kulit jagung

Categorised in:

2 Comments for Usaha Pembuatan Lampu Hias dari Kulit Jagung Beromzet Puluhan Juta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *