Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » MASYARAKAT » Tradisi Sebar Apem “Yaqowiyu” akan Dilaksanakan Hari Jum’at 13/1

Tradisi Sebar Apem “Yaqowiyu” akan Dilaksanakan Hari Jum’at 13/1

(94 Views) January 8, 2012 3:15 pm | Published by | 1 Comment

yaqowiyu jatinomAcara Yaqowiyu di Jatinom, Klaten telah resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pemkab Klaten, Setya Subagya, Kamis (5/1) dan sebagai puncak acaranya akan dilaksanakan pada hari Jum’at (13/1). 

Sejak dibukanya acara Yaqowiyu tersebut di jalan raya Jatinom tengah ramai para pedagang pasar malam yang akan ada selama sepekan mendatang. Puncak acara Yaqowiyu adalah penyebaran kue apem, sedikitnya lima ton kue apem akan disebar di area masjid besar Jatinom yang akan diperebutkan oleh masyarakat.

Asal-muasal tradisi sebaran apem memang tak bisa dilepaskan dari sosok Ki Ageng Gribik, ulama kharismatik yang hidup di abad XVI. Dalam perjalanannya, Ki Ageng Gribik menjadi sangat dicintai warganya karena kesalehan sosialnya.

Sejak ratusan tahun silam, tradisi yang bernama Yaqowiyu itu terus menyimpan magnet bagi ribuan warga Klaten dan sekitarnya, tak terkecuali wisatawan mancanegara. Ketika pertengahan bulan Safar tiba, maka sebaran apem menjadi puncak acara yang dinanti-nanti.

Tags:

asal-usul sebaran apem yaqowiyu klaten asal usul sebaran apem

Tags:
Categorised in:

1 Comment for Tradisi Sebar Apem “Yaqowiyu” akan Dilaksanakan Hari Jum’at 13/1

  • tarra hadi says:

    Saya orang yang lahir di Kabupaten Klaten tepatnya di Desa Mranggen Kec Jatinom bisa ikut bangga akan prestasi warga Klaten yang saat ini sedang melanda Ibu Kota Jakarta yaitu Mobil Esemka .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *