Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » SOSIAL » Tanah Longsor Mengancam 305 KK di Klaten

Tanah Longsor Mengancam 305 KK di Klaten

(56 Views) December 4, 2011 5:38 pm | Published by | No comment

ilustrasi

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, Joko Rukminto mengatakan ada sebanyak 305 KK di Klaten terancam bencana longsor. Hal tersebut dikarenakan intensitas hujan saat ini yang terus meningkat. 305 KK tersebut tersebar di tiga kecamatan yang berbatasan dengan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ancaman longsor pertama datang dari lereng Bukit Seribu yang berada di wilayah Kabupaten Sleman, yang berbatasan langsung dengan Dukuh Pereng, Desa Pereng, Kecamatan Prambanan, Klaten yang dihuni 90 KK. Hampir tiap tahun di wilayah ini terjadi longsor batu-batu besar dari perbukitan.

Ancaman kedua datang dari Bukit Putih yang berada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul, yang berbatasan langsung dengan Dukuh Munden dan Groyokan, Desa Burikan, Kecamatan Cawas, Klaten, yang dihuni 100 KK. Yang terakhir, longsor mengancam 115 KK di Dukuh Bometan, Desa Ngandong, Kecamatan Gantiwarno, karena struktur tanah di wilayah itu labil, dan berada di bawah Pegunungan Selatan.

Menurut Joko, dibutuhkan koordinasi antarwilayah yang berbatasan untuk mencegah jatuhnya korban. Yaitu antara Pemkab Klaten dengan pemerintah daerah yang berbatasan langsung. Pihaknya juga menghimbau warga di daerah rawan longsor untuk meningkatkan kewaspadaan.

Tags:

berita desa baruan kecaman manisrenggo klaten tanah longsor di sekarsuli klaten Struktur tanah kec gantiwarno klaten jateng

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Tanah Longsor Mengancam 305 KK di Klaten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *