Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » FITUR » Sosialisasi Keselamatan & Pengupahan Tenaga Kerja Oleh Pemda Klaten

Sosialisasi Keselamatan & Pengupahan Tenaga Kerja Oleh Pemda Klaten

(86 Views) November 30, 2012 5:05 am | Published by | No comment

 

Klaten Tengah – Pemerintah Kabupaten Klaten mengadakan acara sosialisasi keselamatan tenaga kerja dan pengupahan tenaga kerja dengan tema pembinaan jasa kontruksi tahun 2012, Senin (26/11/2012). Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini bertempat di pendopo Pemda Klaten dan dengan pembicara Drs. H.Slamet Widodo, MM. Dalam sosialisasi ini lebih ditekan tentang pengupahan tenaga kerja dan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3).

Upah adalah hak pekerja atau buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja atau buruh yang ditetakan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undang, termasuk tunjangan bagi pekerja/ buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan atau jasa yang telah atau kan dilakukan.

Menurut Kepala Dinas Sosiala Tenaga Kerja dan Transmigrasi Drs. H.Slamet Widodo, MM, dalam menetapkan besarnya upah, pengusaha tidak boleh membayar lebih rendah dari ketentuan upah minimum yang telah ditetapkan. Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 561.4/ 58 Tahun 2012 tentang Upah Minimum pada 35 kab/Kota di Provinsi Jawa Tengah tahun 2013 Tanggal 12 November 2012 untuk kabupaten Klaten adalah Rp 871.500. “Dan Pergub ini akan diberlakukan mulai 1 januari 2013,” tambahnya.

Acara yang diikuti Asosiasi jasa kontruksi yang ada di Klaten ini pun membahas tentang Keselamatan Kesehatan Kerja (K3). Slamet Widodo menghimbau pada seluruh pengusaha jika telah terjadi kontrak kerja antara pengusaha dan pekerjaan, maka pekerja langsung diasuransikan dan mensosialisasikan lingkungan kerja dan deteksi terhadap bahaya.” Setiap akan mengawali suatu pekerjaan, pengusaha harus mensosialisasikan, memberikan arahan, pembinaan dan pelatihan pada pekerjanya bagaimana kerja yang aman, “ujar Slamet Widodo.

NOR LAILA

 

Tags:

bantuan masyarakat kab klaten tahun 2012 sosialisasi tenaga kerja sosialisasi keselamatan kerja

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Sosialisasi Keselamatan & Pengupahan Tenaga Kerja Oleh Pemda Klaten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *