Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » FITUR » Situs Kunden di Klaten, Ditemukan dan Terlupakan

Situs Kunden di Klaten, Ditemukan dan Terlupakan

(106 Views) February 11, 2013 12:23 am | Published by | 1 Comment

situs-kunden

Klaten– Mungkin tidak semua orang tahu tentang situs kunden. Situs yang berada di dusun Kunden Sumberejo, klaten selatan, Klaten ini memang tidak tersohor seperti candi-candi atau situs cagar alam lainya. Faktor lokasi yang kurang strategis berada di arel persawahan tepatnya di pinggir sungai membuat situs ini tidak terlihat. Bagi para pengunjung-pun harus melewati areal persawahan untuk mencapai situs ini.

“Tidak adanya plang atau papan nama penunjuk arah ke situs membuat masyarakat umum tidak tahu bahwa di Kunden ada candi. Padahal lokasinya tidak jauh dari Jalan raya Jogja-Solo,” ucap Suwanto (35) salah satu warga sekitar.

situs-kunden-2

Selain faktor lokasi, situs yang baru ditemukan pada tahun 2002 ini tergolong baru dan belum terpublikasikan dengan baik. Padahal situs ini adalah warisan sejarah nenek moyang yang mesti dilestarikan dan merupakan bagian dari ilmu pengetahuan.

“Dari Dinas Pemerintah juga kurang memperhatikan candi, terbukti sejak awal ditemukanya pemerintah kurang berkontribusi dalam proses penggalian. Penggalian atas inisiatif warga sendiri, padahal candi itu bisa digali lagi karena ditemukanya tobong atau sejenis pipa air di sekitar candi. Namun, penggalian dihentikan karena itu tanah pribadi dan gak ada dana untuk meneruskan proses penggalian,” tutup Suwarno.

Oleh: Iksan Jaid Saputra

 

Tags:

situs kunden situs di klaten Situs klaten

Categorised in: ,

1 Comment for Situs Kunden di Klaten, Ditemukan dan Terlupakan

  • adadiawan says:

    waduh… pak lurah ya apa sih.. masa g nambah segitu2 ja.. ganti rugi dunk.. terus d lanjut pengalianya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *