Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Sikapi hilangnya siswa SMPN 1 Karangdowo, Disdik: Pemberangkatan rekreasi kurang terkontrol

Sikapi hilangnya siswa SMPN 1 Karangdowo, Disdik: Pemberangkatan rekreasi kurang terkontrol

(0 Views) July 4, 2010 8:01 am | Published by | No comment

Klaten (Espos) Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten mengakui pemberangkatan rekreasi siswa ke tempat wisata, selama ini, kurang terkontrol. Hal itu berdampak pada kurangnya pengawasan terhadap siswa dalam perjalanan wisata.

Kadisdik Klaten, Sunardi, kepada wartawan, Kamis (1/7), mengatakan sebenarnya pihaknya sudah mengimbau kepada setiap sekolah agar meminta izin kepada Disdik sebelum memberangkatkan siswa ke tempat wisata. Akan tetapi, diakui Sunardi, selama ini, tak setiap kepala sekolah mengindahkan imbauan itu.

“Kalau ada izin, kami setidaknya bisa menerjunkan tim untuk memberikan pendampingan dan pengarahan sebelum maupun selama dalam perjalanan wisata untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Sunardi.

Sunardi menegaskan, pihaknya tidak akan membatasi tempat tujuan wisata sebagaimana diinginkan pihak sekolah. Menurutnya, sekolah berhak menentukan sendiri tempat tujuan wisata sesuai keinginan siswa. Akan tetapi, pihaknya mengimbau agar sekolah bisa merekomendasikan tempat wisata yang aman dikunjungi.

Dia menilai, kondisi pantai dengan ombak yang besar bukanlah tempat wisata yang aman untuk dikunjungi wisatawan, saat ini. “Lebih baik memilih tempat wisata yang sekiranya bisa mendidik siswa daripada memilih tempat wisata yang membahayakan keselamatan,” tandasnya.

Sunardi menilai, terjadinya musibah tersebut dikarenakan kurangnya pengawasan guru pendamping kepada siswa. Menurutnya, sedianya setiap sekolah membuat sistem pengamanan berlapis guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sebelum berangkat, mestinya bisa dibentuk kelompok siswa. Masing-masing kelompok ada ketuanya sehingga memudahkan koordinasi antara siswa dan guru pendamping,” paparnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Karangdowo, Sunarto mengatakan, sebenarnya pihaknya sudah mengingatkan siswa agar menjaga keselamatan diri sendiri. Menurutnya, imbauan itu disampaikan kepada para siswa sebelum berangkat maupun sesampainya di Bali. – Oleh : mkd

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Jum’at, 02 Juli 2010 , Hal.VI


Tags:
Categorised in: ,

No comment for Sikapi hilangnya siswa SMPN 1 Karangdowo, Disdik: Pemberangkatan rekreasi kurang terkontrol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *