Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Sehari, 2 los tembakau ludes terbakar

Sehari, 2 los tembakau ludes terbakar

(42 Views) October 15, 2010 6:31 am | Published by | No comment

Kebakaran meluluhlantakkan dua los pengeringan tembakau milik PTPN X yang berada di dua lokasi terpisah di Klaten, Selasa (12/10). Yakni di Dukuh Sumyang, Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan serta Dukuh Mlaran, Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian itu namun kerugian material ditaksir mencapai Rp 140 juta.

Kebakaran pertama terjadi di los tembakau Sumyang sekitar pukul 07.30 WIB. Mandor los tembakau Sumyang, Wiroto, 51, menguraikan, kebakaran terjadi secara tiba-tiba dan tanpa sebab jelas. ”Tahu-tahu ada laporan los terbakar. Untungnya los dalam kondisi kosong sehingga tak ada korban jiwa,” jelasnya saat memberi keterangan di Mapolsek Jogonalan, Selasa.

Api cepat merembet hingga menghabiskan bangunan los tembakau seluasa 100 meterx 25 meter yang tersusun dari bambu dan sirap. Beberapa mobil pemadam kebakaran hilir mudik untuk memadamkan api. Sekitar pukul 09.00 WIB, si jago merah akhirnya berhasil dilumpuhkan.

Salah seorang warga sekitar los, Sunarno, 70, kepada wartawan menuturkan sebelum los terbakar, dirinya melihat sejumlah remaja berseragam SMA duduk-duduk di dekat los sembari merokok dan minum-minum. Namun pihaknya tak bisa memastikan dari mana kobaran api berasal.

Sekitar pukul 12.10 WIB, los tembakau di Mlaran ganti dilalap api. Kepala Desa Nglinggi, Ig Rukida menjelaskan, dirinya langsung beranjak ke lokasi setelah mendapat laporan via SMS tentang los yang terbakar. “ Tapi saya tak mengetahui penyebab kebakaran.”

Berkat kesigapan petugas pemadam, api berhasil dijinakkan dalam waktu singkat. Kabag Administrasi, Keuangan dan Umum PTPN X, Joko Edy Santosa menuturkan, dua los yang terbakar dalam kondisi kosong dan tak ada aktivitas pekerja di dalamnya. “Kerugiannya sekitar Rp 140 juta, karena nilai satu los ditaksir Rp 70 juta.”

Kapolres Klaten, AKBP Agus Djaka Santosa menuturkan, pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran kedua los tersebut. Saat ditanya apakah ada indikasi kesengajaan, Kapolres menuturkan, pihaknya belum bisa memastikan. – Oleh : rei

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Rabu, 13 Oktober 2010 , Hal.VI


Tags:

kepala desa plawikan jogonalan klaten los mbako gantiwarno los mbako terdekat dari kecamatan pedan

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Sehari, 2 los tembakau ludes terbakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *