Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » MASYARAKAT » Segel Tabung Gas Dipalsukan, Kenali Ciri-cirinya

Segel Tabung Gas Dipalsukan, Kenali Ciri-cirinya

(90 Views) January 15, 2012 8:40 pm | Published by | 2 Comments

tutup tabung gas palsuTutup tabung gas elpigi 3 Kg banyak dipalsukan di Klaten, hal ini dikatehui sekitar 2 pekan lalu setelah Tim pemantau dari Bagian Perekonomian Pemkab Klaten melakukan survei lapangan.

“Temuan tim sekitar dua pekan lalu. Tabung dengan segel palsu tersebut kami temukan di wilayah Karangwuni. Tetapi kami belum mengetahui dari mana tabung itu berasal. Tabung dengan segel berwarna biru merupakan tabung yang diedarkan oleh agen di wilayah Klaten. Tentu saja hal tersebut merugikan konsumen, terutama pihak SPPBE,” papar Kabag Perekonomian Pemkab Klaten, Sri Sumanto.

Menejer Operasional SPPBE Karangwuni, PT Karya Mas Niaga Manunggal Abadi, Hendra Gunawan membenarkan adanya peredaran segel tabung gas palsu, akan tetapi pihaknya belum melapor ke polisi karena belum cukup bukti.

Berdasarkan pengamatan terdapat perbedaan fisik antara tutup tabung yang asli dan yang palsu, pada tutup tabung gas palsu berwarna biaru agak gelap, sedangkan untuk tutup asli berwarna biru cerah. Perbedaan juga terlihat pada tulisan SPBE Kanama dan logo Pertamina, pada tutup palsu tulisan lebih kecil dan kurang beraturan sedangkan tutup asli tampak jauh lebih bagus.

Tabung gas dengan tutup palsu olehpengecer dijual dengan harga Rp. 12.500,-/tabung sedangkan harga normal tabung gas 3 Kg untuk wilayak KLaten saat ini adalah Rp. 14.000,- /tabung.

Tidak ada jaminan keamanan untuk tabung gas dengan tutup palsu tersebut, dikhawatirkan isi gas juga tidak sesuai takaran. Untuk itu masyarakat dihimbau jeli dalam membeli tabung gas, amati tabung dan tutup tabugnya serta berat tabung saat membeli di pengecer seperti warung-warung.

Sumber: SOLOPOS

Tags:

tutup gass ciri tabung gas 3 kg palsu perbedaan tabung gas asli dan palsu

Tags:
Categorised in:

2 Comments for Segel Tabung Gas Dipalsukan, Kenali Ciri-cirinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *