Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » FITUR » Rumah Mbah Pairo & Program Bedah Rumah dari Pemda Klaten

Rumah Mbah Pairo & Program Bedah Rumah dari Pemda Klaten

(55 Views) November 11, 2012 8:36 am | Published by | No comment

Karangnongko – Kebutuhan utama keluarga dalam kehidupan ini salah satunya adalah papan atau rumah yang layak huni. Namun karena belenggu kemiskinan terkadang menyebabkan sebuah keluarga tidak dapat membangun rumah sehat walau sangat sederhana. Demikian yang terjadi  pada keluarga mbah Pairo Ngadiyo yang berdomisili di padukuhan Kadilaju, desa Kadilaju, kecamatan Karangnongko. Ia masuk kategori keluarga miskin, yang mendiami sebuah rumah kecil berdinding bambu lapuk dan berlubang, berlantai tanah dan beratap genting yang bocor jika hujan (tampak pada gambar sebelah kiri). Yang lebih memprihatikan tiang penyangganya sudah tidak tegak lagi alias miring. Rumah kecil itu merupakan tempat tinggal bersama isteri dan seorang anaknya .

Mbah Pairo Ngadiyo sangat bersukur dan senang karena pada tahun ini mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Klaten melalui pemerintah desa Kadilaju. Program bedah rumah kurang layak huni  dari Pemda  dalam pelaksanaannya bantuan diwujudkan material berupa pasir, batako, usuk bambu, semen dan kusen pintu serta jendela. Berkat bantuan tersebut akhirnya mbah Pairo dibantu saudara dan warga sekitar dapat membangun rumah baru dengan ukuran  4 x 6 m, berdinding batako, berada di dekat rumah lama (tampak pada gambar sebelah kanan/dalam proses).

Ketika rumah baru itu selesai dibangun, mbah Pairo beserta keluarga kepingin segera menempatinya. Rumah lama yang kurang layak huni itu segera dirobohkan. Akhirnya impian keluarga mbah Pairo terwujud dapat memiliki sebuah rumah  cukup sehat, memiliki cendela untuk sirkulasi udara dan berlantai semen.

Namun mbah Pairo Ngadiyo tidak dapat tinggal dirumah barunya berlama-lama. Rupanya takdir berkata lain, karena sakit akhirnya mbah Pairo meninggal dunia dalam usia 85 tahun, setelah sempat tidur semalam di rumah barunya. Semoga amal kebaikan mbah Pairo Ngadino titerima di sisi-Nya.

Penulis   : Kiswanto

 

Tags:

gambar rumah tidak sehat rumah tidak sehat rumah sehat

Tags:
Categorised in: , ,

No comment for Rumah Mbah Pairo & Program Bedah Rumah dari Pemda Klaten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *