Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » FITUR » Ribuan Siswa Di Klaten Mengikuti Sekolah Siaga Bencana

Ribuan Siswa Di Klaten Mengikuti Sekolah Siaga Bencana

(72 Views) February 11, 2013 10:43 pm | Published by | No comment

Klaten- Ribuansiswa SMP, SMA dan SMK mengikuti Lomba Sekolah Siaga Bencana (SSB) yang berlangsung di komplek Komando Pendidikan dan Latihan Tempur (Dodiklatpur) Rindam IV Diponegoro di Desa Glodogan, Kecamatan Klaten Selatan pada 9-10 Februari 2013.

            Acara ini diadakan oleh PMI Kabupaten Klaten yang berkolaborasi dengan dinas-dinas pemerintah yang terkait dengan tujuan melatih kemampuan siswa terutama PMR Madya dan PMR Wira dalam hal kebencanaan. Berbagai materi yang diajarkan meliputi simulasi bencana, penyuluhan dan berbagai macam pelatihan tentang kebencanaan seperti pelatihan penanganan kebakaran, vertical rescue, dapur umum, komunikasi, simulasi  pertama dan pelayanan kesehatan.

glodogan

Suasana perkemahan di Lapangan Dodiklatpur Desa Glodogan, Kecamatan Klaten Selatan tempat kegiatan Sekolah Siaga Bencana berlangsung.

“Klaten termasuk kabupaten yang rawan bencana seperti merapi, gempa, banjir dan yang baru-baru ini terjadi angin ribut. Hal ini menjadi pertimabangn bagi PMI untuk menggerakan program siap siaga bencana di tingkat pendidikan sehingga siswa-siswa SMP dan SMA/SMK tahu cara memberi pertolongan pertama dan prosedur evakuasi,” ucap Yosep hadiyanto (45) selaku Ketua II saat ditemui di kesekretariatan SSB, Minggu (10/2).

“Even ini diikuti oleh total 71 SMP dan 37 SMA/SMK yang mengirimkan satu tim perwakilan dari tiap sekolah. Jadi total peserta mencapai 3.270 siswa,” tambah Yosep.

“Kegiatan ini sekaligus menjadi awalan yang bagus bagi PMI sendiri yang belum lama melantik ketua PMI yang baru yaitu Purwanto. Beliau memiliki Visi dan Misi yang bagus dalam program kedepanya. Bahkan kelak harapan kedepan  Kabupaten Klaten bisa menjadi Kabupaten PMI,” tegas Yosep penuh semangat.

Oleh: Iksan Jaid Saputra

Tags:

dinas sosial klaten dodiklatpur klaten alamat dodiklatpur klaten

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Ribuan Siswa Di Klaten Mengikuti Sekolah Siaga Bencana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *