Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » MASYARAKAT » Revitalisasi Pasar Gabus hampir rampung, Pedagang segera direlokasi

Revitalisasi Pasar Gabus hampir rampung, Pedagang segera direlokasi

(48 Views) January 3, 2009 7:25 am | Published by | No comment

Jatinom (Espos) – Site Manajer PT Kenshi Teruna Utama, Purnomo, selaku pelaksana proyek, menjelaskan pihaknya memperoleh perpanjangan tujuh hari dari Kantor Pengelola Pasar (KPP) Klaten untuk menyelesaikan pembangunan pasar yang berlokasi di Jatinom itu.

Perpanjangan tersebut dilakukan karena banyaknya hambatan sebelum dan saat proses pembangunan pasar dimulai. Berdasarkan kontrak kerja, lanjut dia, PT Kenshi Teruna Utama diberikan alokasi waktu sekitar 75 hari, mulai 10 Oktober hingga 23 Desember.

Purnomo menguraikan kendala tersebut di antaranya adanya perubahan design pasar yang semula untuk 84 kios berubah menjadi 101 kios. Sementara itu, pihaknya juga harus membuat sekitar 106 los, padahal tidak direncanakan pada tahap awal.

”Untuk menunggu proses perubahan design tersebut membutuhkan waktu sekitar sepekan. Kendala lain yaitu perobohan bangunan Bank Jateng yang sempat molor hingga kurang lebih tiga pekan,” jelas Purnomo saat ditemui Espos, Jumat (26/12), di Pasar Gabus.

Proses pembangunan Pasar Gabus, lanjut dia, dalam tahap finishing. Kekurangan pengerjaan proyek pada pemasangan pintu kios. Dia menjamin Pasar Gabus bisa rampung akhir Desember ini sebagaimana kontrak kerja dengan KPP Klaten. Dengan demikian, jelas dia, pasar tersebut bisa langsung diserahterimakan. Sementara itu, 10 kios lagi dikelola rekanan lain, yaitu CV Analisa.

Tinjau proyek

Kemarin, Irjen Departemen Perdagangan, Edy Suseno, meninjau sejumlah pembangunan di Soloraya, termasuk Pasar Gabus. Hal ini mengingat anggaran pembangunan pasar tersebut tidak hanya diambilkan dari APBD kabupaten dan APBD provinsi, melainkan juga diambilkan anggaran yang bersumber dari APBN, yakni sekitar Rp 2 miliar. ”Sejauh ini tidak ada masalah. Dan kami belum bisa memberikan penilaian lebih jauh karena belum selesai,” papar Edy.

Terpisah, Sekretaris Paguyuban Pedagang Pasar Gabus (P3G) Jatinom, Jadit Supriyono, menilai pembangunan Pasar Gabus sudah sesuai dengan kehendak pedagang, seperti ketersediaan prasarana mandi cuci dan kakus (MCK), pengaturan arus pembeli, serta terdapatnya 12 titik pintu masuk pasar.

Menurut Jadit, KPP juga kooperatif karena akan melibatkan P3G saat proses relokasi pedagang, Bahkan, sejumlah pedagang yang sedianya akan menempati kios di pasar itu sudah mendapat pengarahan lebih lanjut dari petugas pasar setempat. – Oleh : Hanifah Kusumastuti

Sumber: SOLOPOS/271208

Tags:

revitalisasi pasar karangdowo klaten Kendala pembangunan pasar srago kpp klaten kurang

Tags:
Categorised in:

No comment for Revitalisasi Pasar Gabus hampir rampung, Pedagang segera direlokasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *