Menu Click to open Menus
Home » KLATEN » Ratusan wali murid SMKN 3 kecewa

Ratusan wali murid SMKN 3 kecewa

(311 Views) June 17, 2009 5:33 am | Published by | 4 Comments

Lagi, pengumuman UN ditunda

Klaten (Espos) – Pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) sebagian siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Klaten, Senin (15/6), kembali ditunda. Akibatnya, ratusan wali murid yang sudah menunggu-nunggu pengumuman pun kecewa.

Penundaan pengumuman hasil UN itu kali kedua dilakukan sekolah setelah penundaan pengumuman hasil UN seluruh siswa pada akhir pekan lalu. Sesuai pengumuman sebelumnya, Senin kemarin ratusan wali murid dari empat jurusan di SMKN 3 Klaten dikumpulkan di aula sekolah setempat untuk menerima penjelasan Kepala SMKN 3 Klaten, Purwanto.

Dalam kesempatan itulah, Purwanto mengungkapkan penundaan kembali pengumuman hasil UN 103 siswa Jurusan Tata Boga. Sontak, ratusan wali murid yang pengumuman hasil UN putera-puteri mereka ditunda, keluar ruangan dan mengungkapkan kekecewaan. “Kalau seperti ini kasihan siswanya, menunggu terus,” omel salah seorang dari mereka.

Diingatkan Wasis, 42, melalui wartawan yang meliput acara itu, bahwa pengumuman hasil UN tak hanya ditunggu para siswa, tetapi juga orangtua mereka. “Saya kecewa sekali, orangtua juga banyak pikiran. Banyak kerjaan, dan kami malah diminta bolak-balik seperti ini,” keluh Wasis, 42 kepada wartawan.

Wasis mengeluh mengingat jarak sekolah dengan tempat tinggalnya cukup jauh. Selain itu, pihaknya tak menerima informasi jelas mengenai kapan hasil UN untuk puterinya yang bernama Sri Utami tersebut diumumkan. “Sampai kapan ditunda kami juga belum tahu?” terang Wasis yang tinggal di Kemalang itu.

Kepala SMKN 3 Klaten, Purwanto, mengungkapkan, penundaan pengumuman hasil UN untuk Tata Boga merupakan kebijakan dari Pemprov Jateng. Penundaan itu terjadi karena adanya kesalahan teknis saat penggarapan ujian tertulis beberapa waktu lalu. “Soalnya ada yang tidak pas,” ujarnya tanpa merinci lebih lanjut.

Diharapkan secepatnya
Dia sendiri mengaku kerepotan dengan penundaan itu. Namun, pihak sekolah tak bisa mengambil tindakan apapun mengingat kebijakan berasal dari pihak yang berwenang. “Nanti (kemarin-red) pukul 16.00 WIB, katanya dirapatkan kembali di provinsi.”

Hal serupa juga disampaikan Kasi SMK pada Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Burhanul Arifin. Menurut dia, pihaknya masih menunggu kebijakan lebih lanjut dari Pemprov Jateng. Untuk alasan penundaan, Arifin juga tak mengungkapkan secara detail.

Burhanul Arifin mengaku hanya mampu berharap pengumuman bisa dilakukan secepatnya agar ada kesempatan bagi siswa yang tak lulus untuk mengikuti ujian kesetaraan. SMKN 3 Klaten memiliki empat jurusan pendidikan yakni Tata Boga, Perhotelan, Busana dan Kecantikan. Total siswa kelas III yang mengikuti UN di SMKN 3 Klaten mencapai 286 anak. – Oleh : Heriyono Adi Anggoro

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Selasa, 16 Juni 2009 , Hal.VII

Tags:

berita murid smk3 klaten smk boga di klaten smk daerah klaten yang ada kejuruan tata boga

Categorised in: ,

4 Comments for Ratusan wali murid SMKN 3 kecewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *