Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Rapat Koordinasi FKUB Se-Solo Raya Diselenggarakan di Hotel Grand Tjokro Klaten

Rapat Koordinasi FKUB Se-Solo Raya Diselenggarakan di Hotel Grand Tjokro Klaten

(87 Views) November 22, 2012 12:47 pm | Published by | No comment

Klaten Tengah – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten mengadakan Rapat koordinasi FKUB se Solo-Raya semester II tahun 2012 di hotel Grand Tjokro Klaten, Rabu(21/11/2012). Forum ini dihadiri oleh Wakil Bupati Klaten, ketua kementrian Agama Kabupaten Klaten, Anggota FKUB se Solo raya, dan lainnya.

Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB itu dihadiri oleh FKUB Kabupaten Klaten, FKUB Kabupaten Boyolali, FKUB Kabupaten Wonogiri, FKUB Karanganyar, dan FKUB Kabupaten Sragen. Dan acara ini dipandu oleh Drs. H. Syamsudin Asrofi MM.

Wakil Bupati Sri Hartini, SH dalam sambutannya mewakili Bupati Klaten berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat mendorong untuk lebih meningkatakan peran dan fungsi FKUB dalam memelihara kerukunan hidup seluruh umat beragama se Solo Raya.

Dalam sambutan itu dijelaskan pula bahwa Indonesia merupakan negara yang majemuk sehingga fenomena terjadinya konflik di tengah masyarakatpun sering terjadi. Konflik antara pemeluk agama sering kali membawa bendera agama padahal tidak ada agama manu pun yang mengajarkan umatnya untuk saling bermusuhan. Agama bukanlah bendera atau simbol politik kekuasaan, tetapi agama mengajarkan nilai luhur untuk meningkatkan derajat kemanusiaan. Seluruh agama mengajarkan kedamaain bukan sebaliknya. untuk itu perlu diwujudkan hubungan yang dialogis dan komukatif antara pemeluk agama guna merumuskan paradigma sosial yang diambil dari  nilai-nilai keagamaan.

Yang menjadi tugas  utama FKUB adalah bagaimana menjaga kerukunan umat beragama serta kerukunan umat beragama dan pemerintah, sehingga dapat tercipta suasana yang kondusif, aman dan nyaman. “Dengan adanya Rapat koordinasi ini semoga dapat menggugah dan menyadarkan masyarakat bahwa perbedaan dan keberagaman agama, ras, etnis bukanlah menjadi penghalang dan penghambat untuk berinteraksi dan menjalin kebersamaan dengan orang lain,” tuturnya.

Di akhir acara, Sekretaris FKUB Kabupaten Klaten Drs. H. Syamsudin Asrofi MM menuturkan bahwa Rakor kali ini tidak cuma-cuma, akan tetapi mempunyai makna penting, sarat memberi informasi, dan saling melengkapi. ” masing-masing FKUB telah melakukan kegiatannya secara profesional walaupun punya perbedaan-perbedaan,” ujar Dosen UIN Sunan Kalijaga ini.

NOR LAILA

Tags:

acara pra rapat koordinasi daerah fkub sambutan rapat kerja fkub rapat kordinasi fkub

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Rapat Koordinasi FKUB Se-Solo Raya Diselenggarakan di Hotel Grand Tjokro Klaten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *