Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Ramadan, permintaan busana muslim meningkat 60%

Ramadan, permintaan busana muslim meningkat 60%

(56 Views) August 25, 2009 6:43 am | Published by | No comment

Klaten (Espos)  – Permintaan busana muslim pada Ramadan 1430 H ini mengalami peingkatan signifikan.

Salah seorang penanggung jawab pemasaran Ranny Collection di Desa Kalikotes Kecamatan Kalikotes, Agung Suwartak, mengungkapkan, peningkatan permintaan busana muslim itu sudah mulai terasa sejak akhir Juli silam dan pada pekan ketiga Agustus —atau sepekan menjelang Ramadan— peningkatan permintaan itu telah mencapai 60% dari kondisi normal.

Dalam kondisi normal, Agung mengaku menerima pesanan kurang lebih 50 kodi. ”Seperti rutinitas tahunan, permintaan busana muslim meningkat menjelang Ramadan dan puncaknya terjadi ketika mendekati Lebaran,” kata Agung yang saat dihubungi Espos, Kamis (20/8), sedang berada di Pasar Kota Wonosari Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

Dobel
Peningkatan permintaan busana muslim juga diakui Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Kabupaten Klaten, Ir Hj Herawati MM. Perempuan yang biasa disapa Hera itu mengatakan sejak pekan ketiga Agustus sudah ada peningkatan permintaan busana muslim sekitar 20%. Namun, Hera menduga peningkatan permintaan busana muslim itu bukan hanya karena faktor stok untuk persiapan Lebaran.

”Saat ini pekerjaan masih dobel, yaitu masih mengerjakan seragam sekolah dan mulai adanya peningkatan pesanan busana muslim. Menjelang Ramadan ini banyak pesantren kilat dan anak-anak sekolah maupun dari pondok pesantren mulai mencari baju koko putih dan peci serta jilbab,” terang Hera yang saat dihubungi Espos tengah berada di Yogyakarta.

Hera mengemukakan, pesanan busana muslim itu tak hanya datang dari Soloraya sebab sebagian pesanan tersebut berasal dari Kalimantan, Jakarta dan Sumatra. Di Ranny Collection, Agung menyampaikan, pihaknya selama ini menerima pesanan dari pasar-pasar di Soloraya, DIY dan sebagian Jawa Timur serta Sumatra.
”Kalau kami melayani pembeli dari golongan menengah ke bawah. Harga setelan busana muslim mulai dari Rp 50.000 per stel sampai sekitar Rp 200.000 per stel,” terang Agung. – Oleh : nad

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Senin, 24 Agustus 2009 , Hal.VII


Tags:

menyambut hari jadi kota klaten menyambut hari jadi kota klaten 2015 ranny collection klaten

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Ramadan, permintaan busana muslim meningkat 60%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *