Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » MASYARAKAT » Ponpes Al Munawir Kadilaju Mengadakan Pengajian Khutmil Qur’an

Ponpes Al Munawir Kadilaju Mengadakan Pengajian Khutmil Qur’an

(61 Views) November 11, 2012 8:16 pm | Published by | No comment

Karangnongko – Pondok Pesantren Al Munawir Kadilaju, Karangnongko beberapa waktu yang lalu telah menyelenggarakan pengajian akbar dalam rangka khutmil Qur’an. Sejak empat tahun yang lalu pendirian pondok pesantren Al Munawir digagas, dan dimulai dengan pembangunan masjid yang keberadaannya cukup representatif. Masjid dan pondok  direncanakan dibangun  diatas tanah wakaf seluas kurang lebih 3.000 meter persegi tersebut dibangun dengan dana dari swadaya masyarakat.

Menurut pengasuh ponpes Al Munawir Kiai Muhammad Hafids  Tanwir pengajian yang digelar ini berbarengan dengan wisuda  pertama lima orang santri yang telah khatam  Al Qur’an, yakni Wuryanto Nursalim, Subirman, Marjono, Paryanto dan Subirman. Pengajian akbar disamping untuk pembinaan umat juga dimaksudkan untuk sosialisasi tentang eksistensi  dan aktifitas Ponpes Al Munawir telah dimulai.

Kiai yang nazabnya  dari keuarga  Ulama besar dan terkenal Munawir Krapyak, Yogyakarta itu juga mengatakan bahwa secara fisik bangunan pondok memang belum berdiri, sehingga aktifitas santri memanfaatkan fasilitas masjid dan rumah tinggal pengasuh.

Kepala Desa Kadilaju, Suradi dalam sambutannya mengharapkan keberadaan Ponpes ini mendapat dukungan moral dan material sebagai wahana beramal jariyah dan setiap tahun dapat menyelenggarakan pengajian akbar baik untuk acara wisuda maupun Peringatan Hari Besar Islam.

Pengajian akbar tersebut dihadiri  para alim ulama seperti  KH. R. Hafidh Abdul Qodir, KH Najib, Gus Muh, Gus Nawir dan Habib Rifqi. Sedangkan dari berbagai Ponpes antara lain Al Munawir Krapyak Yogyakarta, Ponpes Al Muhdi Krapyak, Ngemplak, Sleman, Ponpes Fatchul Huda Kemalang, Ponpes Hidayatul Qur’an Manisrenggo. Dari unsur pemerintahan  hadir Muspika dan petugas KUA kecamatan Karangnongko, kepala Desa Kadilaju, tokoh masyarakat, dan umat Islam dengan jumlah mencapai ribuan orang.

Uraian hikmah pengajian disampaikan oleh KH Abdul Basyir dari Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah dengan konten yang menarik  dan relevan dengan tema Khutmil Quran. Wisuda dan pengajian berjalan dengan hikmad dan lancar hingga selesai pukul  00.30 WIB.

Oleh : Kiswanto

 

Tags:

gus kendar gus nawir foto kh munawwir krapyak

Tags:
Categorised in:

No comment for Ponpes Al Munawir Kadilaju Mengadakan Pengajian Khutmil Qur’an

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *