Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » PG Gondang Baru siapkan tiga selter untuk KA Gendismanis

PG Gondang Baru siapkan tiga selter untuk KA Gendismanis

(54 Views) July 26, 2010 5:39 pm | Published by | No comment

Jogonalan (Espos) Pabrik Gula (PG) Gondang Baru, Jogonalan, Klaten, berencana membangun tiga selter khusus untuk pemberhentian kereta wisata Gendismanis Gondangwinangun.

Administratur PG Gondang Baru, Hanung Tri Hutomo, Rabu (21/7) silam, mengungkapkan, rencananya ketiga selter itu ditempatkan di depan ruang pembangkit listrik kuno, depan pabrik penggilingan tebu dan di depan rumah mantan administratur PG Gondang di zaman kolonial. Dia menjelaskan, di selter pertama, para wisatawan bisa mengamati satu alat pembangkit listrik tenaga uap yang dibuat sekitar tahun 1880 namun masih berfungsi hingga kini. Di tempat itu, pengunjung juga bisa melihat empat unit alat pembangkit listrik tenaga air. Akan tetapi, keempat unit tenaga air tersebut sudah tidak bisa berfungsi karena usianya yang sudah tua. “Alat pembangkit listrik yang masih berfungsi saat ini memiliki daya 750 kVA. Rencananya, kami akan menambah dayanya menjadi dua kali lipat,” ujar Hanung.

Di selter kedua, lanjut Hanung, para wisatawan bisa turun dari kereta untuk melihat langsung proses penggilingan tebu hingga menjadi gula dengan menggunakan peralatan kuno. Menurut Hanung, mesin penggilingan tebu itu dibuat sekitar tahun 1880. Sementara di selter ketiga, para wisatawan bisa turun dari kereta untuk menikmati berbagai layanan yang ada di home stay, sebuah rumah milik mantan administratur PG Gondang zaman kolonial. Di rumah itu, terdapat sejumlah peralatan kuno yang digunakan untuk memroduksi gula. “Mudah-mudahan selter tersebut bisa selesai pada tahun ini,” tutur Hanung. – Oleh : mkd

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Senin, 26 Juli 2010 , Hal.VI



Tags:
Categorised in: ,

No comment for PG Gondang Baru siapkan tiga selter untuk KA Gendismanis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *