Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Petani Wedi andalkan minyak telon untuk basmi ulat

Petani Wedi andalkan minyak telon untuk basmi ulat

(459 Views) January 25, 2010 6:26 am | Published by | 1 Comment

Wedi (Espos) Para petani kacang panjang di Dukuh Karangasem Desa Pacing Kecamatan Wedi, Klaten, memunyai cara baru dalam membasmi ulat pemakan daun tanaman. Mereka menggunakan minyak telon yang biasa dibalurkan ke tubuh bayi.

Sunarno, 35, salah satu petani kacang panjang itu mengaku mulai menggunakan minyak telon sekitar tiga bulan lalu. Metode baru dalam membasmi ulat itu didapatkannya dari teman sesama petani kacang panjang. Semula Sunarno sendiri tidak percaya minyak yang biasa digunakan untuk menghangatkan tubuh bayi itu bisa membunuh ulat pemakan daun tanaman kacangnya. Namun, setelah mencoba, dia mengakui minyak telon itu terbukti ampuh untuk membasmi ulat.
“Saya sendiri dulu juga tidak percaya. Tetapi, setelah mencobanya, saya jadi tahu ternyata minyak telon itu cukup ampuh untuk membasmi ulat yang sebelumnya meraja-lela,” kata Sunarno di sela-sela memanen kacang panjang di ladangnya, Rabu (20/1).
Sunarno menjelaskan, hama ulat selama ini menjadi kendala bagi para petani kacang panjang. Diceritakannya, sebelum mengandalkan minyak telon, dirinya menggunakan berbagai jenis pestisida untuk membasmi ulat-ulat tersebut. Berbagai jenis pestisida itu dibelinya dengan harga berkisar Rp 90.000 hingga Rp 120.000. Namun, alih-alih membasmi ulat pembelian pestisida itu justru membuatnya menghabiskan banyak uang.
”Obat pembasmi hama sangat mahal. Selain itu, ulat tanaman kacang cukup tangguh untuk dibasmi dengan menggunakan pestisida. Untuk membeli satu botol minyak telon cukup mengeluarkan uang Rp 3.000. Jauh lebih hemat jika membeli pestisida.”
Sunarno menambahkan, dirinya hanya perlu mencampur sebanyak dua sendok makan minyak telon dengan air sekitar 10 liter. Selanjutnya, campuran air dengan minyak telon itu disemprotkan ke tanaman kacang panjang. Menurut Sunarno, ulat yang terkena air tersebut sesaat kemudian akan mati secara perlahan-lahan.
Hal senada juga dikemukakan Ny Mitro, salah satu petani kacang panjang lainnya. Ia mengaku tidak mengetahui kandungan dalam minyak telon itu hingga mampu membunuh ulat. “Saya juga heran kandungannya apa. Yang jelas minyak telon itu bisa digunakan untuk membasmi ulat.” – Oleh : m82

Disalin dari; SOLOPOS, Edisi : Sabtu, 23 Januari 2010 , Hal.VII


Tags:

pestisida pembunuh ulat? OBat ulat bunga kacang panjang obat hama kacang panjang

Tags:
Categorised in: ,

1 Comment for Petani Wedi andalkan minyak telon untuk basmi ulat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *