Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » MASYARAKAT » Persediaan Tanah Liat Minipis Perajin Keramik Hijaukan Bukit Jabalkat

Persediaan Tanah Liat Minipis Perajin Keramik Hijaukan Bukit Jabalkat

(0 Views) November 21, 2008 9:37 am | Published by | 1 Comment

Kerajinan Keramik KlatenKLATEN (KR) – Para perajin keramik Melikan, Wedi, Kabupaten Klaten, mulai mengkhawatirkan semakin menipisnya bahan baku tanah liat. Hal ini disebabkan bahan baku yang selama ini diambil di tanah bengkok desa hampir habis, sementara belum ada lokasi baru yang diizinkan untuk diambil tanahnya sebagai bahan baku keramik.

Perajin Keramik Melikan Antonius Triyanto kemarin mengatakan, sudah melakukan pendekatan pada pihak Perhutani, agar memberikan izin para perajin untuk mengambil tanah liat di salah satu petak tanah Perhutani di Bukit Jabalkat. Dengan konsekuensi warga akan melakukan pemeliharaan lingkungan dengan baik. “Sekarang kita mulai memikirkan bahan baku, yang di tanah bengkok kan sudah menipis,” kata Antonius Triyanto.

Lebih lanjut dijelaskan, permohonan ke Perhutanai tersebut kini masih dalam pembahasan dalam forum-forum di tingkat kabupaten. Diharapkan nantinya permohonan itu bisa direalisasikan. Permasalahan bahan baku kini menjadi kendala utama bagi para perajin keramik Melikan. Hal itu disebabkan, apabila tidak segera ada lokasi pengganti maka akan mengancam kelanggengan usaha keramik Melikan.

Sedangkan untuk pemasaran ke luar negeri, hingga ke­marin belum ada dampak dari krisis keuangan global. Antonius Triyanto mengatakan bahwa ekspor ke Belanda masih tetap rutin seperti sebelum krisis keuangan di Amerika muncul. “Ekspor masih tetap lancar, tak ada pengaruh krisis keuangan global,” jelas Antonius Triyanto pula.

Selain itu para perajin Melikan juga berusaha menjaga kelestarian lingkungan tempat pengambilan bahan baku. Yakni dengan melakukan penghijauan di lereng Bukit Jabalkat, Bayat.
Aksi kepedulian lingkungan telah dimulai kemarin dengan tahap awal mengerahkan sebanyak 150 perajin keramik. Menurut rencana akan dilakukan penanaman bibit pohon se­banyak 6.000 batang. Tahap kedua akan dilakukan pekan depan, dan tahap ketiga pada pekan selanjutnya, dengan melibatkan seluruh perajin keramik yang kini jumlahnya sekitar 240 kepala keluarga.

Bibit tanaman sejumlah tersebut merupakan bantuan dari Pemkab Klaten dan Perhutani. “Bibit dari Pemkab dan Perhutani, lalu kami para perajin keramik berinisiatif untuk melakukan penanaman,” tandas Antonius Triyanto.

Sumber : Kedaulatan Rakyat/19 November 2008

Tags: ,
Categorised in:

1 Comment for Persediaan Tanah Liat Minipis Perajin Keramik Hijaukan Bukit Jabalkat

  • Iwan says:

    jangan takut persediaan tanah liat menipis. Ada saya jual tanah liat murah buat anda, rp 4000/ kg. hub no 087882985008. semoga bisa melayani anda semua. thanks 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *