Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Perbaiki mutu, 10 desa di Jatinom okulasi durian

Perbaiki mutu, 10 desa di Jatinom okulasi durian

(71 Views) April 21, 2010 5:34 am | Published by | No comment

Jatinom (Espos) Sepuluh desa di Jatinom, Klaten akan mengembangkan okulasi bibit untuk memperbaiki mutu buah durian yang dihasilkan perkebunan setempat. Demikian diungkapkan Koordinator Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Jatinom, Umaiyyah saat ditemui Espos di kantornya, Rabu (14/4).

Ke-10 desa itu adalah Randulanang, Mranggen, Beteng, Bengking, Socokansi, Bandungan, Kayumas, Temuireng, Glagah dan Krajan. Menurutnya, ke-10 desa itu sengaja dipilih karena secara geografi cocok untuk pengembangan okulasi bibit durian tersebut. “Tanah di 10 desa itu berupa tegalan sehingga cocok untuk pengembangan bibit okulasi durian ini,” tutur Umaiyyah.

Lebih lanjut, Umaiyyah menjelaskan, saat ini terdapat dua jenis pohon durian yang dikembangkan di lahan perkebunan di Kecamatan Jatinom. Kedua jenis pohon durian itu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

2.000 Bibit

Jenis pohon durian yang pertama mempunyai keunggulan cepat besar dan batangnya lebih kuat. Akan tetapi, jenis pohon durian ini lama berbuah. Kalaupun berbuah, kualitasnya rendah karena dagingnya tipis dan mempunyai biji yang besar.

Sebaliknya, jenis pohon durian kedua mempunyai keunggulan daging buah tebal dan biji kecil. Akan tetapi, jenis pohon durian ini mempunyai kekurangan karena lambat pertumbuhannya dan batangnya agak rentan. “Dengan melakukan okulasi terhadap kedua jenis pohon durian itu, diharapkan bisa memperbaiki mutu hasil perkebunan durian di Jatinom,” tandas Umaiyyah.

Umaiyyah menambahkan, saat ini pengembangan okulasi dua jenis durian baru mencapai tahap penanaman bibit. Menurutnya, okulasi akan dilakukan jika besar batang pada bibit itu sudah mencapai seukuran pensil.

Dalam hal ini, pihaknya menyiapkan sebanyak 2.000 bibit yang akan diokulasi. “Diharapkan pada bulan Juni nanti hasil okulasi bibit itu sudah ditanam di lahan perkebunan yang tersebar di 10 desa tersebut,” urai Umaiyyah. – Oleh : q mkd

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Selasa, 20 April 2010 , Hal.VII


Tags:

duren jatinom beteng jatinom klaten penjual durian tempat jual bibit durian di prambanan

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Perbaiki mutu, 10 desa di Jatinom okulasi durian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *