Menu Click to open Menus
Home » KLATEN » Perayaan Tahun Baru rusak taman Alun-alun

Perayaan Tahun Baru rusak taman Alun-alun

(134 Views) January 2, 2010 3:27 pm | Published by | No comment

Klaten (Espos) Perayaan menyambut Tahun Baru di Alun-alun Klaten, Kamis (31/12) malam, menyisakan persoalan. Taman di lokasi itu rusak akibat diinjak-injak pengunjung.

Berdasarkan pantauan Espos di lokasi, Jumat (1/1), kerusakan terjadi di taman di sekeliling Alun-alun. Sejumlah tanaman semak yang semula tegak berdiri kini berserakan tidak beraturan akibat diinjak-injak pengunjung yang merayakan malam pergantian tahun di tempat itu.
Ny Darmi, 50, seorang pedagang kaki lima yang biasa berjualan di kawasan Alun-alun Klaten mengatakan, antusiasme pengunjung sangat besar dalam menyambut datangnya tahun baru kali ini. Menurutnya, sejak pukul 18.30 WIB, alun-alun sudah dipadati pengunjung.
Sebagian besar mereka datang dengan mengendarai sepeda motor. “Malam itu, pengunjung berdesak-desakan. Mereka ingin melihat pesta kembang api dari lokasi yang nyaman. Bahkan, mereka nekat menginjak-injak tanaman hingga menyebabkan kerusakan,” papar Ny Darmi saat ditemui Espos di sela-sela kesibukannnya berjualan.

Wewenang DPU
Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Klaten, Setya Subagya mengatakan, kerusakan taman bukan menjadi wewenang Disparpora selaku penanggung jawab pelaksanaan acara perayaan tahun baru. Menurutnya, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (DPU) lebih berwenang dalam melalukan perawatan pascaperayaan tahun baru.
“DPU juga masuk dalam kepanitiaan perayaan tahun baru ini. Kami akan berkonsolidasi mengenai hal ini bagaimana ke depannya,” papar Setya.
Seperti diberitakan SOLOPOS (21/12), sejumlah fasilitas publik di Alun-alun Klaten tak lagi berfungsi sebagaimana mestinya lantaran kurang optimalnya perawatan terhadap aset daerah tersebut. Kerusakan paling parah tampak pada hilangnya paving block pada banyak tempat di seputaran alun-alun tersebut.
Kerusakan lain terjadi pada sanitasi saluran air. Sebagian sanitasi jebol hingga menimbulkan tatanan paving block tampak berlubang cukup besar. Sebagian saluran air juga dipenuhi tumpukan sampah. Sementara sejumlah pot bunga yang dibangun di lokasi itu sudah retak-retak.
Sejumlah warga mengusulkan revitalisasi terhadap fasilitas publik tersebut. Namun hingga kini, usulan warga tersebut belum direspon oleh Pemkab setempat. – Oleh : Moh Khodiq Duhri

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Sabtu, 02 Januari 2010 , Hal.VII


Tags:

Acara tahun baru di alun2 klaten contoh berita taman klaten perayaan saat di alon alon klaten

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Perayaan Tahun Baru rusak taman Alun-alun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *