Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Pemudik terus berdatangan, belum terjadi kemacetan

Pemudik terus berdatangan, belum terjadi kemacetan

(36 Views) September 18, 2009 11:23 am | Published by | No comment

Klaten (Espos) Pemudik dari berbagai daerah di Tanah Air terus berdatangan di Kabupaten Klaten, Kamis (17/9). Kondisi itu membuat arus lalu-lintas kendaraan di ruas-ruas jalan utama Klaten semakin padat.

Kendaraan, baik roda dua dan roda empat, dengan nomor polisi luar kota terlihat semakin banyak daripada hari-hari sebelumnya. Namun, meningkatnya jumlah pemudik belum sampai mengakibatkan kemacetan di ruas-ruas jalan utama Klaten, seperti di sekitar Pasar Cawas dan Pedan yang merupakan titik rawan macet.
Di dua kawasan tersebut arus lalu-lintas lancar kendati pengemudi kendaraan harus ekstra hati-hati menyusul banyaknya pedagang dan konsumen yang beraktivitas. Pada bagian lain, Kapolres Klaten AKBP Tri Warno Atmojo memperkirakan arus mudik di wilayah ini bakal memuncak, Jumat (18/9) hingga Sabtu (19/9).

Lebih rinci, aparat yang berjaga di Pospam 2 Karang, Iptu Sugeng H menuturkan, dibanding Rabu (16/9) lalu, jumlah pemudik yang melintas depan Pospam itu kemarin meningkat sekitar 10%. ”Jumlah pemudik memang terlihat sudah mulai meningkat. Kalau puncaknya Jumat dan Sabtu besok,” kata Sugeng.
Menurut Sugeng, jika arus melonjak, Jumat ini atau Sabtu besok, maka ada kemungkinan jalur akan dialihkan ke jalan lingkar Delanggu Barat untuk mengurangi kemacetan di depan Pasar Delanggu. Upaya itu, kata dia, dilakukan jika terlihat adanya antrean kendaraan di sekitar Pasar Delanggu.

Berbeda dengan aparat wilayah lain di Soloraya, jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satlantas Polres Klaten berdasarkan pantuan situasi faktual di lapangan, sejak dini memprediksi puncak arus mudik bukan pada Kamis, melainkan Jumat dan Sabtu. Salah seorang aparat Dishub Klaten, Hadi Sasono yang bertugas di Pospam 02 Karang misalnya, menuturkan, arus lalu lintas Rabu masih cenderung normal. Itu pasalnya, dia memperkirakan jumlah pemudik baru akan mulai meningkat pada H-4, Kamis, dan memuncak pada Jumat-Sabtu.

Pernyataan senada disampaikan petugas lainnya, Heru Cokro S. Kapolres Klaten AKBP Tri Warno Atmojo saat dihubungi Espos melalui nomor handphone-nya, Rabu sore pun, mengemukakan hasil analisis serupa. Sementara itu, Kepala Dishub Klaten, Jaka Sawaldi memprediksi, jumlah pemudik yang turun di Klaten pada masa arus mudik tahun ini naik sebesar 5% hingga 7% dari tahun sebelumnya. – Oleh : kur/haa/nad

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Jum’at, 18 September 2009 , Hal.VII


Tags:

pemudik yang melintas di pedan klaten

Tags: ,
Categorised in: ,

No comment for Pemudik terus berdatangan, belum terjadi kemacetan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *