Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Pemohon kartu AK 1 naik 400%

Pemohon kartu AK 1 naik 400%

(32 Views) October 2, 2009 6:28 am | Published by | 1 Comment

Klaten (Espos)  –  Pemohon kartu kuning (AK 1) di Klaten pascalebaran ini melonjak hingga 400%. Jika biasanya jumlah pemohon kartu kuning berada pada kisaran 70 orang per hari, kini jumlahnya bisa mencapai hampir 240 orang per hari.

Kasi Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Klaten, Rinto Patmono ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (29/9) mengungkapkan, lonjakan pencari kartu kuning alias kartu Angkatan Kerja (AK) 1 Dinsosnakertrans dimulai sehari pascalebaran.
Berdasarkan data Dinsosnakertrans Klaten, pada hari pertama kerja pascalebaran, Kamis (24/9), jumlah pencari kartu kuning mencapai 150 orang per hari yang terdiri dari 90 laki-laki dan 60 perempuan. Jumat (25/9), jumlahnya meningkat menjadi 161 orang per hari yang terdiri dari 95 laki-laki dan 66 perempuan. ”Pada Senin (28/9) mencapai 237 orang terdiri dari 120 laki-laki dan 117 perempuan.”

Padahal, sambung dia, dalam kondisi normal sebelum Lebaran lalu, angka pencari kartu kuning rata-rata 70 orang per hari. ”Makanya, kami batasi lokasi penumpukan berkasnya, agar tidak terlihat padat di ruangan. Kalau tidak, nanti semuanya masuk dan minta segera dilayani. Kalau seperti itu, kami bisa selesai (kerja) hingga malam tiap harinya.”
Pertaruhkan nasib

Menurut Rinto, lonjakan tersebut terjadi karena beberapa alasan. Dua alasan utama adalah banyak pencari kartu kuning yang akan pergi ke Jakarta untuk mempertaruhkan nasib. Alasan selanjutnya, lonjakan terjadi karena banyak warga yang akan mencoba peruntungan dalam proses rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS). ”Isu penerimaan CPNS yang sebentar lagi dimulai juga mempengaruhi hal itu,” tukas Rinto.

Berdasarkan pantauan Espos, dalam kepadatan di kantor Dinsosnakertrans Klaten itu, para pemohon kartu kuning rela berdesak-desakan di pintu masuk. Candra Desi Indrani, 18, asal Wonosari, mengaku mencari kartu kuning untuk pergi ke Jakarta mengadu nasib. Namun ada pula pencari kartu kuning yang justru memilih tak mengikuti antrean yang ada. ”Jadinya lama, sebelumnya sudah ke sini, tetapi banyak orang. Sekarang ke sini lagi, antre. Menunggu agak longgar dulu,” aku Yunita, 20, asal Juwiring.

Jumlah angkatan kerja yang terdaftar di Dinsosnakertrans Klaten hingga akhir Agustus 2009 mencapai 42.604 orang. Jumlah itu terdiri dari 23.969 pencari kerja berjenis kelamin laki-laki dan 18.635 pencari kerja perempuan. – Oleh : Heriyono Adi Anggoro

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Rabu, 30 September 2009 , Hal.VII

Tags:

kenari rinto klaten

Tags:
Categorised in: ,

1 Comment for Pemohon kartu AK 1 naik 400%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *