Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » MASYARAKAT » Pemkab akan perluas jaringan pemasaran pengrajin Serenan

Pemkab akan perluas jaringan pemasaran pengrajin Serenan

(0 Views) January 20, 2009 6:07 pm | Published by | No comment

Klaten (Espos) – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal (Disperindagkop & PM) Klaten akan melakukan upaya perluasan jaringan pemasaran guna membantu usaha pengrajin mebel di Desa Serenan, Juwiring.

Menurut Kasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Disperindagkop & PM Klaten, Sinung Nugraha, kondisi yang dialami pengrajin mebel di Desa Serenan, Juwiring, disebabkan lantaran lemahnya pemasaran saat krisis keuangan global. ”Apalagi, sebagian besar hasil usaha mereka di ekspor ke luar negeri. Kami akan berusaha memperluas jaringan untuk membantu pengrajin di Serenan,” jelas Sinung kepada Espos, Kamis (15/1).

Jalin kerja sama
Sinung menambahkan perluasan jaringan dan kerja sama yang akan dilakukan dimaksudkan untuk membangkitkan jumlah pemesanan. Upaya tersebut, lanjut dia, sudah dalam taraf lobi-lobi. Menurut Sinung, hasil kerajinan mebel dari Desa Serenan akan coba diedarkan ke daerah-daerah di Indonesia.
”Kalau di luar lesu, maka coba lokal karena daerah-daerah di luar Jawa, khususnya Bali, masih menaruh minat terhadap hasil kerajinan mebel dari Serenan,” terang dia.

Selain upaya peningkatan pemasaran, kata Sinung, Disperindagkop & PM juga mempersiapkan standar proyek mengenai kegiatan bantuan subsidi bunga kredit bagi usaha mikro senilai Rp 900 juta. Pemihakan tersebut diambilkan dari APBD kabupaten.
”Selain itu, kemungkinan bantuan dari provinsi atau dari APBD I tetap ada. Bisa berwujud pelatihan, bantuan dan penyediaan peralatan, maupun pinjaman modal,” papar dia.

Sementara itu, guna membantu pengrajin mebel di Desa Serenan, Disperindagkop & PM juga telah mengajukan permohonan ke Lembaga Penjamin Dana Bergulir (LPDB) pusat yang jumlahnya mencapai Rp 5 miliar. Dia optimistis bantuan tersebut segera cair mengingat pengajuan permohonan sudah dilayangkan sejak November tahun lalu.
”Kondisi pengrajin usaha mebel di Serenan tentu selalu menjadi perhatian kami karena pelaku usaha sektor riil tersebut ikut menopang peningkatan ekonomi warga setempat,” pungkas dia. – Oleh : m74

Sumber: SOLOPOS/160109

Tags:
Categorised in:

No comment for Pemkab akan perluas jaringan pemasaran pengrajin Serenan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *