Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Pem­kab se­rah­kan 163 sa­pi peng­gan­ti ”La­lu pa­kan­nya ba­gai­ma­na?”

Pem­kab se­rah­kan 163 sa­pi peng­gan­ti ”La­lu pa­kan­nya ba­gai­ma­na?”

(92 Views) December 23, 2010 3:34 pm | Published by | No comment

Kla­ten (Es­pos) War­ga De­sa Ba­le­ran­te, Ke­ca­mat­an Ke­ma­lang, Kla­ten, yang men­da­pat­kan gan­ti ru­gi ter­nak sa­pi ke­bi­ngung­an men­ca­ri tem­pat un­tuk me­ra­wat sa­pi yang me­re­ka te­ri­ma da­ri pe­me­rin­tah.

Hal itu di­se­bab­kan, sa­at ini se­ba­gi­an war­ga ma­sih ting­gal di peng­ung­si­an se­dang­kan ru­mah me­re­ka di le­reng Me­ra­pi be­lum di­per­bai­ki. Ke­re­sah­an war­ga Ba­le­ran­te itu ter­ung­kap ka­la Pem­kab Kla­ten, Se­la­sa (21/12), me­nye­rah­kan 163 ekor sa­pi ke­pa­da me­re­ka di la­pang­an Ba­le­ran­te. Da­me­ha­ti, 29, war­ga Du­kuh Gon­dang, Ba­le­ran­te, sa­at di­jum­pai di se­la-se­la se­rah te­ri­ma ter­nak itu meng­aku bi­ngung di ma­na akan me­nem­pat­kan sa­pi peng­gan­ti itu lan­tar­an ru­mah­nya ru­sak pa­rah. ”La­lu pa­kan­nya ba­gai­ma­na ju­ga men­ja­di pi­kir­an ka­re­na ling­kung­an de­sa ma­sih ter­tu­tup abu Me­ra­pi,” je­las­nya.

Sa­pi itu, me­nu­rut dia tak mung­kin di­ba­wa ke lo­ka­si peng­ung­si­an ka­re­na jus­tru me­re­pot­kan orang ba­nyak. Me­nu­rut­nya, sa­pi mem­bu­tuh­kan pe­ra­wa­tan khu­sus su­pa­ya da­pat tum­buh de­ngan ba­ik dan ber­kem­bang se­suai ha­rap­an. Da­me­ha­ti yang ke­hi­lang­an ti­ga ekor sa­pi itu be­ren­ca­na me­ni­tip­kan un­tuk se­men­ta­ra sa­pi peng­gan­ti di ru­mah ke­ra­bat­nya yang ti­dak ter­ke­na ter­ja­ngan le­tus­an Me­ra­pi.

Prap­to, 40, war­ga Du­kuh Ba­le­ran­te, Ba­le­ran­te me­nga­ta­kan kan­dang di ru­mah­nya ma­sih bi­sa di­gu­na­kan se­hing­ga ia tak be­gi­tu ke­bi­ngung­an. Di­ta­nya kua­li­tas sa­pi peng­gan­ti yang di­be­ri­kan pe­me­rin­tah, dia meng­aku cu­kup ba­gus mes­ki­pun ji­ka ti­dak se­be­sar sa­pi yang du­lu di­mi­li­ki­nya. ”Di­be­ri ban­tu­an sa­ja ka­mi sa­ngat ber­te­ri­ma ka­sih. Nan­ti akan ka­mi pe­li­ha­ra de­ngan ba­ik su­pa­ya bi­sa tum­buh dan ge­muk,” ung­kap­nya.

Ka­dus I Ba­le­ran­te, Jai­nu, me­nga­ta­kan he­wan ter­nak se­te­lah di­te­ri­ma men­ja­di tang­gung ja­wab ma­sing-ma­sing war­ga. ”Ada yang su­dah mem­ba­ngun kan­dang di pe­ka­rang­an ru­mah de­ngan min­ta ban­tu­an pa­ra re­la­wan,” je­las­nya ke­pa­da Es­pos. Se­lain itu, lan­jut­nya, ada pu­la war­ga yang ber­ni­at me­ni­tip­kan sa­pi­nya ke­pa­da te­tang­ga de­sa atau sa­nak sau­dar­anya yang me­mi­liki kan­dang.

To­tal 389

Ka­bid Pe­ter­nak­an Di­nas Per­ta­ni­an Kla­ten, Sri Mur­ya­ni Dwi At­mi­ni meng­ung­kap­kan, un­tuk ta­hap awal se­ki­tar 163 ekor sa­pi di­se­rah­kan ke war­ga Ba­le­ran­te, yang ter­di­ri da­ri sa­pi po­tong dan sa­pi pe­rah. Se­dang­kan si­sa­nya me­nyu­sul. ”Na­mun prin­sip­nya 389 sa­pi su­dah di­pe­san ke pe­da­gang oleh per­wa­kil­an war­ga ber­sa­ma Di­nas,” je­las­nya.

Me­nu­rut­nya, sa­pi-sa­pi lang­sung di­sun­tik obat dan vi­ta­min su­pa­ya ke­se­hat­an­nya ter­ja­ga. Se­lan­jut­nya, he­wan ter­nak itu men­ja­di tang­gung ja­wab ma­sing-ma­sing war­ga. ”Ada yang su­dah mem­ba­ngun kan­dang di pe­ka­rang­an ru­mah de­ngan min­ta ban­tu­an pa­ra re­la­wan,” je­las­nya ke­pa­da Es­pos.

Se­lain itu, lan­jut­nya, ada pu­la war­ga yang ber­ni­at me­ni­tip­kan sa­pi­nya ke­pa­da te­tang­ga de­sa atau sa­nak sau­dar­anya yang me­mi­liki kan­dang. Dia­kui­nya, pen­da­ta­an war­ga pe­ne­ri­ma sa­pi peng­gan­ti sem­pat meng­alami ma­sa­lah lan­tar­an na­ma war­ga ba­nyak yang sa­lah.

”Se­ki­tar se­pa­ruh le­bih na­ma pe­ne­ri­ma ter­nak peng­gan­ti tak se­suai de­ngan KTP ka­re­na ha­nya men­can­tum­kan na­ma pang­gil­an. Se­hing­ga wak­tu tan­da ta­ngan re­ke­ning ke­su­lit­an,” je­las­nya. Mes­ki de­mi­ki­an, per­so­al­an itu bi­sa ter­se­le­sa­i­kan de­ngan ada­nya su­rat ke­te­rang­an da­ri pe­me­rin­tah de­sa.

Se­dang­kan Asis­ten II Sek­da Pem­kab Kla­ten, Edy Har­tan­ta seu­sai me­nye­rah­kan sa­pi di­dam­pingi Ke­pa­la Dis­per­tan Kla­ten, Sri Mu­ly­a­ning­sih ber­ha­rap ban­tu­an bi­sa di­man­fa­at­kan de­ngan se­ba­ik-ba­ik­nya. Se­men­ta­ra itu, Ka­bid Pe­ter­nak­an Di­nas Per­ta­ni­an Kla­ten, Sri Mur­ya­ni Dwi At­mi­ni me­nga­ta­kan na­ma pe­ne­ri­ma gan­ti ru­gi ter­nak yang ti­dak se­suai KTP su­dah di­lu­rus­kan se­hing­ga tak ada la­gi ma­sa­lah da­ri se­gi ad­mi­nis­tra­si.

Ter­kait pe­nye­dia­an pa­kan ter­nak ser­ta obat-oba­tan un­tuk sa­pi peng­gan­ti, pi­hak­nya te­lah me­min­ta ke­pa­da pen­ju­al ter­nak un­tuk me­nye­dia­kan­nya pa­ling ti­dak un­tuk per­se­dia­an li­ma ha­ri. – Oleh : Roh­mah Er­ma­wa­ti

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Rabu, 22 Desember 2010 , Hal.V


Tags:

tum ne mega per se dak ha

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Pem­kab se­rah­kan 163 sa­pi peng­gan­ti ”La­lu pa­kan­nya ba­gai­ma­na?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *