Menu Click to open Menus
Home » MASYARAKAT » Pedagang Pedan tolak pindah ke Pasar Raya

Pedagang Pedan tolak pindah ke Pasar Raya

(131 Views) April 28, 2011 2:54 pm | Published by | No comment

Pedan (Espos) Sebagian besar pedagang Pedan menolak bangunan baru Pasar Raya yang akan diresmikan akhir bulan ini. Mereka, hingga Selasa (26/4), memilih bertahan di Lapangan Desa Kerden, Pedan, Klaten yang merupakan pasar darurat selama renovasi pasar.

Alasan mereka enggan pindah ke pasar yang baru selesai direnovasi itu adalah karena harga kios dan Ruko di pasar itu mereka anggap sangat mahal. Berdasarkan keterangan yang dihimpun Espos, harga los berukuran 2 m x 2 m di Pasar Raya Pedan mencapai Rp 24 juta, sedangkan harga kios ukuran 2 m x 2 m sekitar Rp 87 juta, sementara Ruko ukuran 4 m X 4 m dibanderol sekitar Rp 190 juta.

Kendati para pedagang sempat dijanjikan subsidi sekitar 30% dari harga kios maunpun Ruko, nyatanya hingga kini janji itu belum terealisasi. “Saya tidak mau dipindah ke Pasar Raya Pedan. Harga kios sangat mahal. Di lokasi ini, saya mendapat keuntungan per hari Rp 10.000 saja sudah cukup, kalau pindah ke lokasi baru, bayar pakai apa?” keluh Harni, 43, seorang pedagang.

Harni mengisahkan, sejak direlokasi ke pasar darurat di Lapangan Desa Keden, 2008 lalu, dirinya terpaksa menempati kios darurat berukuran 3 m x 4 m yang dibangun oleh Pemerintah Desa Keden. “Pelanggan saya di lokasi ini sudah lumayan banyak, kalau pindah lokasi lagi dipastikan pelanggan pada kabur, rezeki saya ada di sini,” tegas Harni yang berjualan bahan kebutuhan pokok.

Keluhan mahalnya harga kios juga diungkapkan Rita, 45, yang berjualan mebel. Di samping mengeluhkan harga kios, Rita juga mengaku kecewa dengan kios Pasar Raya Pedan yang hanya berukuran 2 m x 2 m. “Buat apa kami beli kios di sana? Untuk tiga almari saja tidak cukup. Apalagi kios adanya di lantai atas,” paparnya.

Rita memilih bertahan untuk berjualan di lokasi pasar darurat di lapangan Desa Keden dengan alasan ukuran kios memadai dan akses jalan mudah. Bahkan, mobil bisa lewat di depan kiosnya. – Oleh : m98

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Rabu, 27 April 2011 , Hal.V


Tags:

almari pedan desa keden pedan klaten harga ruko d\psar pedan

Tags:
Categorised in:

No comment for Pedagang Pedan tolak pindah ke Pasar Raya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *