Menu Click to open Menus
Home » MASYARAKAT » Pasar Pedan diresmikan bulan ini

Pasar Pedan diresmikan bulan ini

(135 Views) April 5, 2011 11:44 am | Published by | No comment

Subsidi akan diberikan langsung kepada pedagang

Klaten (Espos) Renovasi Pasar Pedan selesai. Bangunan baru pasar itu rencananya diresmikan April ini. Untuk itu, Pemkab Klaten berencana mengirim langsung subsidi bagi 700-an pedagang Pasar Pedan ke rekening masing-masing pedagang.

Langkah itu diharapkan menghindarkan terulangnya kembali kisruh pemberian subsidi yang pernah terjadi pada renovasi Pasar Delanggu, Klaten beberapa tahun lampau.

“Kesalahan subsidi pada Pasar Delanggu itu karena diberikan bukan kepada para pedagangnya, melainkan kepada pengembangnya. Akibatnya, terjadi kekacauan,” tegas Pelaksana Tugas (Plt)Kepala Dinas Perindagkop UMKM Klaten H Mujaeroni kepada Espos, Minggu (3/4).

Mujaeroni menjelaskan pemberian subsidi langsung ke pedagang itu akan memutus terjadinya penyalahgunaan bantuan. Di sisi lain, cara seperti itu juga akan membuat para pedagang memiliki tanggung jawab dalam mengelola subsidi dari Pemkab. “Kalau diberikan kepada pengembang, takutnya tak sampai kepada pedagang. Dan ujung-ujungnya, pedagang enggan masuk ke kios dengan alasan harganya terlalu mahal,” paparnya.

Saat ini, kata Mujaeroni, pihaknya telah mengajukan anggaran senilai Rp 4 miliar untuk subsidi pembelian kios dan los pedagang Pasar Pedan. Ditargetkan, sebelum akhir April tahun ini, pedagang sudah bisa memasuki kios dan los bersamaan dengan peresmian Pasar Pedan. “Kami telah usulkan Rp 4 miliar untuk subsidi. Target kami bulan ini sudah bisa diresmikan dan ditempati pedagang,” paparnya.

Pasar Pedan dibangun kembali oleh PT Dewata Solusi Bangunan (DSB) Bali selaku investor. Kini renovasi itu telah selesai meskipun sempat terjadi beberapa kerusakan kecil. Namun para pedagang belum bisa menempati karena belum membayar uang muka sebesar 30% dari harga kios dan los, yakni sekitar Rp 87 juta/unit untuk kios dan sekitar Rp 24 juta/unit untuk los.

Terpisah, Kabag Perekonomian Setda Klaten, Sri Sumanto menjelaskan bahwa subsidi yang diberikan kepada pedagang secara langsung itu bisa dimanfaatkan bukan hanya untuk pembelian kios atau los oleh para pedagang, melainkan juga untuk tambahan modal usaha. Alasannya, pemberian subsidi untuk pembelian kios atau los dianggap rentan penyimpangan seperti yang terjadi pada Pasar Delanggu.

“Jadi, istilahnya itu pemberian subsidi untuk tambahan modal pedagang. Tujuannya sebenarnya sama, yakni meringankan pedagang,” paparnya. – Oleh : Aries Susanto

Disalin dari: SOLOPOS, Senin, 04 April 2011 , Hal.VI


Tags:
Categorised in:

No comment for Pasar Pedan diresmikan bulan ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *