Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Pakai data lama, penyaluran BLT di Gatak diprotes

Pakai data lama, penyaluran BLT di Gatak diprotes

(0 Views) April 26, 2009 5:30 am | Published by | No comment

Klaten (Espos) – Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) di Desa Gatak, Kecamatan Delanggu pada Kamis (23/4) mendapat protes dari sejumlah warga lantaran dinilai kurang tepat sasaran.

Beberapa warga Gatak yang ditemui Espos Jumat (24/4) mencontohkan, di wilayah RW I terdapat dua pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang justru mendapat BLT jatah bulan Januari dan Februari senilai Rp 200.000.

“Itu yang sepengetahuan saya dan hanya di wilayah RW I. Kemungkinan di wilayah RW yang juga terjadi hal serupa. Padahal keluarga miskin yang lain masih ada yang belum dapat BLT,” ujar Sumarjono, 54, warga RT 8/RW III Gatak, Delanggu. Ia menambahkan, selain adanya pensiunan PNS mendapat bantuan, ada juga sasaran BLT yang sudah meninggal namun masih dimintakan bantuan.

“Di wilayah RW III ada dua nama yang sudah meninggal tapi masih dimintakan antuan. Kondisi seperti ini sebenarnya seperti apa yang benar?,” imbuhnya. Senada, warga lainnya, Suhartomo, 65, meminta penyaluran BLT bisa mendasarkan data terbaru hasil validasi. Sehingga diharapkan, BLT bisa lebih tepat sasaran yakni kepada keluarga yang benar-benar miskin.

Suhartomo juga mempertanyakan mekanisme penyaluran BLT yang tidak dilakukan di Kantor Pos. Ditambah lagi persyaratan pencairan dana yang tidak menggunakan girik atau kupon dinilai rawan penyimpangan. “Pada praktiknya memang ada keluarga yang masih miskin dan sebelumnya pada program BLT tahun 2005 dan 2008 dapat, tapi sekarang malah tidak dapat bantuan,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Gatak, Walino dikonfirmasi Espos menyampaikan, data RTS BLT 2009 menggunakan hasil validasi 2005. Sehingga dimungkinkan ada warga miskin baru yang tidak masuk dalam daftar RTS. Selain itu jufa karena terbatasnya kuota atau jumlah sasaran BLT. “Orang miskin itu banyak, kalau diurus semuanya termasuk org yg meri kan tiak bisa. Kalau mengenai dulu dapat tapi sekarang tidak, itu kan karena dulu di-sempilke dari jatah RTS lain,” terang dia.

Oleh: Kurniawan
Disalin dari: SOLOPOS, 24-April-2009

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Pakai data lama, penyaluran BLT di Gatak diprotes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *