Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Pabrik Gula Gondang gagal capai target

Pabrik Gula Gondang gagal capai target

(35 Views) April 25, 2009 11:05 pm | Published by | No comment

Klaten (Espos) – Pabrik Gula (PG) Gondang Baru, Klaten gagal mencapai target produksi tebu yang digiling pada tahun 2008. Ketidaksesuaian target tersebut terjadi karena beberapa kendala termasuk rendahnya produksi tebu yang disetor oleh petani.

Berdasarkan data yang dipaparkan PG Gondang Baru, Klaten, Rabu (22/4), produksi tebu yang digiling pada tahun 2008 baru mencapai 1.149.090 tebu.

Dengan jumlah gula kristal mencapai 78.615 ton. Sementara administratur PG Gondang Baru, Hanung Trihutomo mengatakan, target produksi tebu digiling rata-rata berada di angka 2,1 juta tebu.

“Kendala muncul karena tenaga kerja banyak yang beralih ke industri,” papar dia saat menerima kunjungan kerja Komisi B DPRD Jawa Tengah (Jateng) di pabrik setempat.

Hadir dalam paparan tersebut Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum PT Perkebunan Nusantara (PN) IX, Iman Nugroho; jajaran Komisi B DPRD Jateng yang dipimpin Wakil Ketua Muhammad Haris; Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop & UMKM) Klaten Sukojo; Kabag Perekonomian Setda Pemkab Klaten Sri Sumanto dan tamu undangan lainnya.

Menurut Hanung, kontribusi produksi gula PG Gondang Baru ke Jateng terbilang kecil. Kisaran produksinya baru di ngka 5% dari total produksi gula Jateng.

Selain faktor rendahnya tebu yang disetor dan peralihan tenaga kerja, Hanung juga mengungkapkan berbagai kendala lainnya seperti lambannya minat untuk memperbarui varietas tebu.

Hanung juga mengaku kerap kekurangan air dalam melakukan proses produksi.Kekurangan air tersebut, bahkan sempat dikeluhkan oleh pihaknya ke Bupati Klaten Sunarna.

“Tetapi karena memang keadaannya seperti itu, kami harus mengambil langkah lain. Kami akan melakukan teknologi pengolahan air, revitalisasi air,” jelasnya.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Jateng, Muh Haris mengatakan, Kunker tersebut dilakukan untuk melihat persiapan PG tersebut dalam melakukan masa gilingnya pada 2009 ini.

Dia mengaku ingin mendengarkan keluhan dari pihak PG terkait rencana swasembada gula yang dicanangkan pemerintah.

Oleh: Heriyono Adi Anggoro
Disalin dari: SOLOPOS, 22-April-2009

Tags:

ketua sdm pg gondang baru rencana pabrik gula baru di klaten

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Pabrik Gula Gondang gagal capai target

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *