Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » MASYARAKAT » Organda siap turunkan tarif angkutan

Organda siap turunkan tarif angkutan

(59 Views) January 19, 2009 7:36 am | Published by | No comment

Klaten (Espos) – Organisasi Angkutan Darat (Organda) Klaten menyatakan siap menurunkan tarif angkutan umum. Namun, Organda belum menentukan besaran persentase penurunan tarif yang dibutuhkan.

Sementara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten akan melakukan pembahasan dengan Organda terkait penurunan tarif. Kasi Angkutan Kantor Perhubungan Klaten, Anggoro Adji, kepada Espos, Rabu (14/1), berharap Organda bersedia menurunkan tarif sesuai anjuran pemerintah. Hingga penurunan harga BBM kali kedua lalu, tarif angkutan setempat belum juga turun.

”Harapannya turun, tetapi kalau dari (pengusaha) angkutan mengaku masih cukup berat. Tetapi (penurunan tarif) segera dibahas,” kata dia, saat ditemui di kantornya.
Hingga penurunan BBM kali kedua silam, tarif angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP) khusus Jawa, Sumatra dan Bali belum berubah.

Tarif angkutan tersebut masih berada di angka Rp 150 per kilometer per orang untuk batas atas dan Rp 92 per kilometer per orang untuk batas bawah. Sementara untuk angkutan pedesaan tarif masih berada di kisaran Rp 1.900 per orang untuk delapan kilometer pertama, dan tambahan Rp 250 per orang untuk tiap kilometer selebihnya. ”Informasi dari pemerintah pusat, tarif turun sekitar 10%. Begitu sudah ada keputusan, kami segera membahasnya dengan Organda,” terangnya.

Namun, berdasarkan informasi yang dia peroleh, Organda baru berani memprediksi penurunan tarif sekitar 5% dari tarif semula. Alasan utama Organda, jelasnya, penurunan harga yang saat ini terjadi baru pada BBM. ”Sementara komponen yang lain belum turun, seperti upah tenaga kerja, oli, dan komponen lainnya belum turun,” lanjut dia.

Hukum pasar
Terpisah, Wakil Ketua Organda Klaten, Sunarto, menyatakan siap menurunkan tarif angkutan menyusul realisasi penurunan harga BBM, mulai Kamis (15/1). Sunarto mengaku mengikuti instruksi dari Organda pusat terkait penurunan tarif itu. Meski demikian, dalam pelaksanaannya, dia menyerahkan mekanisme tarif kepada hukum pasar.

Hukum pasar dimaksud, jelas dia, adalah dengan mekanisme praktik lapangan. Artinya, harga yang berlaku adalah harga yang telah menjadi kebiasaan dari para konsumen dan pengusaha angkutan itu sendiri. ”Sekarang dengan kondisi konsumennya semakin sedikit, sementara jumlah angkutan banyak, tentu akan terjadi tawar menawar harga sendiri. Kalau kami hanya saklek (sesuai-red) Organda pusat saja, takut bisa dianggap kemahalan oleh konsumen,” tukas dia. – Oleh : haa

Sumber: SOLOPOS/150109


Tags:
Categorised in:

No comment for Organda siap turunkan tarif angkutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *