Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Obyek Wisata Umbul Ponggok Direvitalisasi

Obyek Wisata Umbul Ponggok Direvitalisasi

(107 Views) March 16, 2015 10:39 am | Published by | No comment
Pengunjung berenang di Umbul Ponggok. (Foto: Indratno)

Pengunjung berenang di Umbul Ponggok. (Foto: Indratno)

KLATEN (KRjogja.com) – Objek wisata (Obwis) Umbul Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten bakal direvitalisasi tahun ini. Anggaran revitalisasi tempat wisata alam air itu menelan biaya Rp1,5 miliar yang berasal dari realisasi pendapatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tirta Mandiri Desa Ponggok pada 2014.

“Pendapatan dari BUMDes pada 2014 akan digunakan untuk pengembangan sektor wisata. Sasarannya Umbul Ponggok yang akan direvitalisasi tahun ini dengan anggaran Rp1,5 miliar,” ujar Kepala Desa Ponggok, Junaedi Mulyono, kepada
wartawan, Minggu (15/03/2015).

Revitalisasi Umbul Ponggok dilakukan berdasarkan beberapa faktor. Di antaranya mengacu pada rapat koordinasi (rakor) antara Pemerintah Desa Ponggok, PDAM Klaten, Dinas Pertanian, Bidang SDA DPU Klaten, dan seluruh petani pengguna air dari aliran Umbul Ponggok. Dalam rakor yang dilakukan pada Februari lalu menyepakati adanya normalisasi Umbul Ponggok.

Saat ini ada sekitar 200 meter kubik sedimentasi Umbul Ponggok yang menyebabkan terhambatnya aliran air menuju kawasan irigasi daerah hilir. Untuk menormalisasi Umbul Ponggok akan dilakukan antara Pemerintah Desa
Ponggok bersama PDAM. Selanjutnya akan ditindaklanjuti Bidang SDA DPU untuk kawasan alirannya.

Terkait adanya normalisasi, kata Junaedi, ada kesepakatan bahwa PDAM akan memindahkan saluran pipa yang berada di Umbul Ponggok untuk ditempatkan ke lokasi aman. Sebab, selama ini keberadaan pipa tersebut cukup mengganggu.
“Bersamaan dengan normalisasi ini, Umbul Ponggok juga akan direvitalisasi demi kenyamanan pengunjung. Untuk itu kawasan ini akan ditutup sementara mulai 23 Maret hingga 3 April 2015,” kata Junaedi.(*-7)

Disalin dari: http://krjogja.com/read/252582/obwis-umbul-ponggok-direvitalisasi.kr

Tags:

kuliner klaten 2015 usaha kuliner di wilayah bayat klaten kulinerklaten

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Obyek Wisata Umbul Ponggok Direvitalisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *