Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » FITUR » Nganjat dan Jarum Siap “Dipoles” Jadi Desa Wisata

Nganjat dan Jarum Siap “Dipoles” Jadi Desa Wisata

(99 Views) November 4, 2012 12:38 pm | Published by | 4 Comments

ilustrasi (erwinaristianingsih.blogspot.com)

Klaten.Info – Potensi wisata di Klaten akan terus dikembangkan dengan rencana pembangunan desa wisata. Desa yang “dipoles” menjadi desa wisata itu adalah Desa Nganjat, Polanharjo dan Desa Jarum, Bayat. Ini karena kedua desa tersebut sangat berpotensi besar menghasilkan pendapatan dari wisatawan baik lokal maupun manca.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bappeda Klaten, Bambang Sigit Nugroho pada Jumat (2/11/2012). Pemerintah Kabupaten Klaten telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2 Miliar untuk kedua desa tersebut. Dan masing-masing desa, Desa Nganjat dan Desa Jarum akan kebagian jatah Rp 1 Miliar untuk memoles desa mereka.

Dana itu rencananya akan direalisasikan bekerja sama dengan Dinas Pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Olahraga Klaten untuk proyek pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya.
Masih menurut Kepala Bappeda Klaten, keputusan untuk memoles 2 desa tersebut bukannya tanpa alasan. Desa Nganjat sudah lama terkenal dengan kemajuan produksi ikan nila, tiap tahun permintaan ikan nila meningkat tajam sedangkan Desa Jarum berpotensi karena kerajinan batik tulisnya. Selain itu akan ditambah lagi dengan pembangunan sarana dan prasarana agar lebih menarik bagi wisatawan yang datang.

Warga Desa Jarum memang mayoritas menekuni usaha batik tulis. Produksi batik tulis Desa Jarum bahkan sudah berkembang sampai ke luar daerah Klaten. Nanti juga akan dibangun gapura wisata khas desa tersebut, diikuti dengan perbaikan jalan-jalan yang rusak.

Oleh: Agus Winarso

 

Tags:

kuliner klaten www klaten info kuliner di klaten

Tags: ,
Categorised in: ,

4 Comments for Nganjat dan Jarum Siap “Dipoles” Jadi Desa Wisata

  • anton says:

    programnya bagus banget.
    mohon dikawal pelaksanaan programnya
    dan penggunaan anggarannya agar tepat sasaran dan tidak bocor

  • angga says:

    langkah nyata dari pemerintah daerah ini, saya harapkan mampu membangun kembali pariwisata Klaten yang sudah lama tidur. Bravo Klaten Bersinar

  • Dhimas Setyo Nugroho says:

    Dari pernyataan diatas sangat kontras sekali, “Desa Nganjat sudah lama terkenal dengan kemajuan produksi ikan nila, tiap tahun permintaan ikan nila meningkat tajam sedangkan Desa Jarum berpotensi karena kerajinan batik tulisnya.”
    kenapa sekarang baru digarap ?

    yas semoga sukses saja, saran saya adalah, jika memang benar dijadikan desa wisata, ya tolong dikaji benar tentang “PENGELOLAAN PARIWISATANYA”, kan sayang sekali kalau sampe salah urus, nanti mubazir……….

  • andi sundoro says:

    lahan strategis untuk perkembangan industri perikanan sangat tepat dengan didukung sumber mata air yang cukup.waktunya untuk diperhatikan oleh pemerintah daerah.Bravo..Nganjat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *