Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » FITUR » Musim Panen Raya Buah Rambutan Harga Jualnya Rendah

Musim Panen Raya Buah Rambutan Harga Jualnya Rendah

(122 Views) January 21, 2013 5:52 am | Published by | No comment

buah-rambutan

Bulan Januari 2013 ini merupakan musim panen raya buah-buahan antara lain rambutan di wilayah kabupaten Klaten. Kecamatan Kemalang, Manisrenggo dan Karangnongko merupakan sentra produksi buah yang berambut tersebut. Menurut data BPS Klaten 2012 jumlah produksi rambutan tahun 2011, untuk kecamatan Karangnongko 13.350 kuintal, Kemalang  150 kuintal turun 95,70% dibanding 2010, sebesar 4.200 kuintal.

Setiap panen raya produk-produk pertanian lazimnya harga jual dari petani cukup rendah. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya harga jual ketika panen buah rambutan pun selalu rendah. Sebagaimana dituturkan Sugiyanto ketika ditemui kontributor Klaten Info di di Karangnongko harga jual buah rambutan yang dipanen bulan Desember 2012 kemarin per kilogram laku Rp 4.000,00 (empat ribu rupiah), sedangkan panen bulan Januari ini harganya turun, hanya laku Rp 1.500,00 (seribu lima ratus rupiah) per kilogram. Kata para pembelinya sekarang lagi panen raya, jadi harga jadi anjlok katanya. Sugiyanto yang memiliki dua pohon yang telah berumur belasan tahun tersebut dapat menghasilkan kurang lebih 1 kuintal buah rambutan. Kebetulan panennya dari dua pohon tersebut tidak bersamaan, yang panen Desember laku Rp 200.000,00 sedangkan yang panen Januari menghasilkan Rp 150.000,00. Hal serupa juga di sampaikan Widodo di Kemalang, dan Supriyadi di Manisrenggo bahwa memang benar panen rambutan bulan ini per kilogram hanya laku Rp 1.500,00.

Walaupun harga jual buah rambutan rendah, tetapi para petani tetap menjualnya. Meski murah tapi dirasakan  adanya tambahan penghasilan dari tanaman buah yang ditanam di pekarangan atau tegalan tersebut. Habis mau diapakan karena panen cukup banyak jadi tidak mungkin dikonsumsi sendiri, demikian dijelaskan para petani tersebut. Setiap petani rerata memiliki pohon rambutan antara 2 – 10 batang. Mereka biasanya telah mengganti tanaman buah rambutan lokal yang kurang baik kualitasnya (rasa masam, daging buah tipis dan tidak “nglothok”), biasanya batangnya tinggi dengan jenis rambutan unggul dan berumur pendek yang diperbanyak dengan okulasi. Harga bibit rambutan unggul perbatang  antara Rp 20.000,00 – Rp 35.000,00 dengan tinggi antara  50 – 65 cm. Tanaman produk okulasi ini bila ditanam dengan baik secara teknis akan mulai berbuah ketika umur 2 – 3 tahun. Rambutan jenis unggul ini pohonnya pedek sehingga memudahkan untuk memanen.

Melihat angka produksi di kecamatan Karangnongko saja tahun 2011, sebesar 13.350 kuintal, dengan asumsi harga jual terendah Rp 1.500,00/kilogram, berarti telah dapat memberikan sokongan peningkatan pendapatan petani sebesar Rp 2.002.500.000,00 (dua miliar dua juta lima ratus ribu rupiah). Jadi  petani tidak perlu harus menebang pohon-pohon produktf yang juga multifungsi tersebut walaupun harga jual buahnya rendah ketika panen raya. Yang tak kalah penting pohon rambutan dapat berfungsi sebagai perindang dan konservasi lahan, disamping hasil produksi buahnya yang kian lama akan semakin banyak.

Oleh: Kiswanto

 

Tags:

pohon rambutan kebun buah rambutan gambar pohon rambutan

No comment for Musim Panen Raya Buah Rambutan Harga Jualnya Rendah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *