Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Musim hujan, produktivitas intip turun 50%

Musim hujan, produktivitas intip turun 50%

(52 Views) April 4, 2010 11:21 am | Published by | No comment

Cawas (Espos) Produktivitas pengusaha makanan tradisional intip di Desa Pogung Kecamatan Cawas, Klaten mengalami penurunan sebanyak 50% pada musim hujan kali ini.

Cipto, 40, salah seorang pemilik usaha intip di Desa Pogong mengatakan pada musim kemarau, pihaknya mampu menggoreng makanan intip satu kali dalam sehari. Akan tetapi, pada musim hujan kali ini, dirinya hanya mampu menggoreng intip sekali dalam dua hari.

Dia menjelaskan, pada musim kemarau, proses pengeringan intip bisa selesai dalam sehari. Akan tetapi, pada musim penghujan seperti ini, proses pengeringan intip bisa selesai dalam dua hari.

“Kalau dulu (musim kemarau-red) kami bisa menggoreng intip sebanyak 250 biji dalam sehari. Sementara pada saat ini (musim hujan-red) kami mampu menggoreng intip 250 biji, akan tetapi dalam dua hari sekali,” papar Cipto saat ditemui wartawan di sela-sela menjemur intip di halaman rumahnya, Rabu (31/3).

Cipto mengaku sudah mempunyai pelanggan di sejumlah daerah seperti Solo, Yogya, Klaten, dan Bandung. Cipto mengaku menjual intip tersebut seharga Rp 5.000 per biji. Dia menjelaskan, besarnya pasokan intip bergantung dengan permintaan dari pelanggannya yang tersebar di daerah tersebut.

“Permintaan pelanggan tidak menentu. Terkadang memesan sampai 200 biji. Tetapi ada pula yang hanya memesan 50 biji. Biasanya mereka (pelanggan-red) datang ke mari dua pekan sekali,” papar Cipto.

Sri Asih, 60, pengusaha intip lainnya mengatakan, selain hujan, kendala lain yang dihadapi adalah sepinya pasaran. Dia menjelaskan, pelanggan akan banyak memesan intip pada saat tertentu seperti lebaran dan menjelang liburan.

Dia mengatakan, menjelang lebaran lalu, dirinya pernah mendapatkan pesanan intip sebanyak 250 biji. “Kalau lebaran memang banyak pesanan. Tetapi kalau hari-hari biasa seperti ini jumlah pesanannya relatif sedikit,” tutur dia.

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Sabtu, 03 April 2010 , Hal.VII



Tags:
Categorised in: ,

No comment for Musim hujan, produktivitas intip turun 50%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *