Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » FITUR » Musim Hujan, Omzet Sentra Industri Makanan Ringan di Klaten Turun Tajam

Musim Hujan, Omzet Sentra Industri Makanan Ringan di Klaten Turun Tajam

(160 Views) January 27, 2013 5:17 pm | Published by | No comment

Klaten– Datangnya musim hujan memang menjadi berkah bagi para petani. Namun, tidak menguntungkan bagi sektor produksi makanan yang membutuhkan sinar matahari dalam proses produksinya. Pasalnya, Intensitas hujan yang cukup tinggi pada dua bulan terahir membuat proses produksi di sentra industri makanan di Kabupaten Klaten terkendala dan mengakibatkan turun-nya omzet mereka.

Proses pengeringan kerupuk di salah satu Home Industri di Desa Gondangan Kecamatan Jogonalan Klaten

Proses pengeringan kerupuk di salah satu Home Industri di Desa Gondangan Kecamatan Jogonalan Klaten

Seperti misalnya di sentra industri makanan ringan yang berlokasi di Desa gondangan Kecamatan Jogonalan, Klaten. Pada musim penghujan dalam dua bulan terakhir, produsen kerupuk di sentra industri mengalami kesulitan dalam meraub untung. Pasalnya, omzet mereka selama dua bulan ini menurun drastis.

“ Sebelum musim hujan omzet produksi tiap harinya bisa sekitar 3 kuintal, tetapi kalo pas hujan begini omzet 2 kuintal itu sudah maksimal,” ujar Juki (32) salah satu karyawan yang tengah menjemur kerupuk saat ditemui, Sabtu (26/1).

Lain halnya dengan industri kerupuk karak milik Rohmat Hidayat (53) yang hanya bisa mengelus dada, karena proses pengeringan karak yang biasanya kering dalam waktu sehari menjadi tiga hari baru kering sebelum akhirnya digoreng. “ Pas musim hujan gini, saya tidak bisa tiap hari goreng kerupuk seperti musim-musim sebelumnya. Lha wong belum kering karaknya,” ucap Rohmat.

“Hasil Produksi biasanya diambil sendiri oleh para pembeli dengan datang ke kerumah, tapi pas musim hujan begini stok karak terbatas,” tutup Rohmat.

Oleh: Iksan Jaid saputra

 

Tags:

gondangan jogonalan klaten industri makanan di klaten home industri klaten

Tags:
Categorised in: , ,

No comment for Musim Hujan, Omzet Sentra Industri Makanan Ringan di Klaten Turun Tajam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *