Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » DAERAH » Muatan Truk Berlebih, Jalan Manisrenggo – Kemalang Rusak

Muatan Truk Berlebih, Jalan Manisrenggo – Kemalang Rusak

(64 Views) November 11, 2012 7:55 am | Published by | No comment

Manisrenggo – Jalan kabupaten Klaten antara perbatasan Klaten-Sleman tepatnya desa Leses, Manisrenggo hingga pasar Kembang, Kemalang sepanjang kurang lebih 6,5 km kondisinya sungguh memprihatinkan. Jalan yang menghubungkan wilayah kabupaten Boyolali – Sleman DIY, melintasi zone utara Klaten ini sangat vital keberadaannya. Akibat mobilitas penduduk untuk  berbagai kepentingan ekonomi, sosial dan budaya menyebabkan aktivitas di ruas jalan ini menjadi padat sepanjang hari. Lebih –lebih pasca erupsi Merapi dua tahun yang lalu jalan ini ramai dijadikan pilihan sopir truk pengangkut  hasil tambang galian C. Galian C yang diambil dari kali Gendol, Cangkringan, Sleman dibawa Boyolali, dan Semarang dirasakan jaraknya lebih dekat, dibandingkan lewat jalan Solo. Frekuensi lalu lalangnya truk golongan C ini semakin meningkat sejak diresmikannya jembatan Bunder, Logede, Karangnongko pada akhir 2011 . Disamping itu operasional truk mengangkut hasil tambang golongan C  selama 24 jam nonstop.

Akibat banyaknya truk pengangkut galian C dan diduga muatannya  berlebih, kondisi jalan yang semula beraspal hotmix cukup baik dan mulus saat ini bergelombang, dan berlubang. Sekurangnya ada 15 buah gorong-gorong jebol  dan sepanjang tahun 2012 ini baru diperbaiki  tiga buah yakni di Kranggan, Barukan dan  Cemeti kecamatan Manisrenggo.

Dengan kerusakan jalan dan jembatan/gorong-gorong menyebabkan kelancaran  arus lalu lintas terganggu, rawan terjadi kecelakaan dan mempercepat rusaknya kendaraan. Masyarakat pengguna jalan ini berharap kepada pemerintah Kabupaten Klaten agar jalan segera diperbaiki, mengatur dan mengawasi truk pengangkut hasil galian C tidak bermuatan melebihi kapasitasnya.

Oleh : Kiswanto

 

Tags:

content berita manisrenggo klaten perbatasan manisrenggo karangnongko

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Muatan Truk Berlebih, Jalan Manisrenggo – Kemalang Rusak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *