Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » FITUR » Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan Manisrenggo Sepi Pengunjung

Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan Manisrenggo Sepi Pengunjung

(77 Views) November 24, 2012 7:40 am | Published by | No comment

Manisrenggo – Program pemasyarakatan internet di kecamatan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi  Republik Indonesia dicanangkan tahun 2011, dengan pengadaan mobil pusat layanan internet kecamatan. Untuk kabupaten klaten ada  enam unit mobil dan salah satunya yang berada di wilayah kecamatan Manisrenggo dan sering mangkal di depan kantor KUD. Mobil pusat layanan internet kecamatan yang sering berada di Manisrenggo ini mempunyai wilayah kerja untuk  4 kecamatan meliputi  Prambanan, Jogonalan, Gantiwarno dan Manisrenggo, demikian penjelasan Didik petugas operator mobil internet tersebut.

Lebih lanjut Didik menuturkan, bahwa dalam satu mobil pusat layanan internet kecamatan ini berisi enam buah laptop untuk masyarakat  yang ingin menggunakan internet dengan biaya Rp 1.000,00 per jam. Biaya ini lebih murah karena hanya separuh dibanding dengan penggunaan simcard umum dari berbagai operator seluler yang ada.

Jumlah pengunjung akhir-akhir ini sepi, tak lebih 5 orang perhari untuk pengguna internet. Memang pada awal di perkenalkan satu tahun yang lalu pengunjungnya dapat mencapai 15 orang perhari. Kebanyakan pengguna internet adalah anak-anak untuk bermain game dan sebagian kecil orang dewasa  yang sekaligus kepingin belajar. Sepinya pengunjung diperkirakan karena untuk internetan pada jam sibuk antara jam 9 – 14.00 sangat lambat. Disamping sudah adanya warnet yang lebih nyaman walaupun biayanya lebih mahal. Lemotnya internet ini diduga karena untuk layanan 4 kecamatan hanya menggunakan satu server.

Terkait masalah ini sudah ada evaluasi dan kemungkinan akan segera ada pembenahan, agar kecepatan berinternet sesuai yang diharapkan konsumen. Sepinya pengunjung mobil pusat layanan internet kecamatan di Manisrenggo oleh operator di sikapi dengan langkah menggandeng Perusahaan Listrik Negara (PLN) distribusi Jateng dan DIY untuk layanan pasang baru dan perubahan daya. Dengan kolaborasi yang bermoto “listrik pintar” ini aktifitas nya menjadi meningkat. Operator mobil pusat layanan internet kecamatan juga dapat  diajak kerjasama dengan sekolah atau lembaga untuk mengadakan pelatihan penggunaan internet .

Disamping masalah lemotnya internet,  mobil diparkir ditempat terbuka sehingga apabila hujan turun tentu akan  mengalami kerepotan, sehingga demi keamanan alat-alat  akhirnya  operasional dihentikan.

Oleh   : Kiswanto

Tags:

pusat layanan internet kecamatan mplik klaten Di Klaten MPLIK Kecamatan Prambanan

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan Manisrenggo Sepi Pengunjung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *