Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Merapi Mulai Bentuk Kubah Lava Baru

Merapi Mulai Bentuk Kubah Lava Baru

(47 Views) April 12, 2011 10:36 am | Published by | No comment

Gunung Merapi terus berstatus waspada karena aktivitas vulkaniknya yang berkelanjutan. Peningkatan aktivitas beberapa hari terakhir ini karena Merapi mulai membentuk kubah lava baru.

“Itu bukan aktivitas baru tapi pembentukan kubah lava baru,” kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK), Subandriyo, Senin (11/4/2011).

Menurut dia, indikasi terbentuknya kubah lava baru itu semakin kuat dengan terlihat titik api diam di puncak Merapi dari arah Deles, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten beberapa hari terakhir ini. Pembentukan kubah lava baru itu merupakan hal yang normal dari sebuah proses erupsi Merapi. Hal itu akan berhenti yang ditandai dengan stabilnya kubah lava baru tersebut.

“Saat erupsi pada bulan Oktober-November tahun lalu kan belum muncul. Sekarang ini sudah muncul,” katanya.

Dia mengatakan munculnya kubah baru itu karena adanya desakan dari dalam perut bumi ke atas. Namun kubah baru yang terbentuk itu masih berada di dalam kawah Merapi dan tidak menonjol. Adanya peningkatan aktivitas kegempaan seperti gempa multi phase (MP) merupakan salah satu indikasinya karena ada gerakan dari dalam dapur magma di perut bumi ke permukaan.

“Material yang naik ke permukaan itu lebih cair. Kalau ada gempa MP itu wajar. Jangan terlalu dibesar-besarkan,” pesan Subandriyo.

Sementara itu berdasarkan data yang tercatat di Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang Sleman aktivitas hari ini mulai menurun dibandingkan sebelumnya. Kenaikan aktivitas terjadi pada tanggal 7-8 April 2011. Tercatat gempa MP 122 kali, guguran 5 kali dan 5 kali gempa vulkanik dangkal. Sedangkan data pada hari Sabtu 9 April, terjadi gempa MP 22 kali dan guguran 10 kali.

Disalin dari: DetikNews.Com, Senin, 11/04/2011

Tags:

beli batu akik murah di pasar pedan cawas klaten info penjual kubah klaten penjual tanaman murah daerah pedan/cawas

Categorised in:

No comment for Merapi Mulai Bentuk Kubah Lava Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *