Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » FITUR » Menjamurnya Penggilingan Batu, Bayak Menyerap Tenaga Kerja

Menjamurnya Penggilingan Batu, Bayak Menyerap Tenaga Kerja

(173 Views) November 20, 2012 9:57 pm | Published by | No comment

Salah satu usaha penggilingan batu di Sukorini (Foto Kis.doc)

Manisrenggo  –  Satu tahun setelah erupsi Merapi tepatnya tahun 2011 di desa Sukorini, kecamatan Manisrenggo banyak berdiri  industri penggilingan batu. Dibalik bencana meletusnya gunung Merapi , patut disukuri yakni dengan timbulnya berbagai manfaat bagi kehidupan masyarakat. Material vulkanik yang mengalir terbawa banjir lahar dingin dapat berupa batu, kerikil dan pasir dan terhenti memenuhi badan sungai, salah satunya adalah sungai Woro. Sungai Woro yang berhulu dari Merapi dibawah membelah wilayah kecamatan Manisrenggo, menyebabkan daerah ini menjadi kaya material batu/banthak.

Melimpahnya “raw material”  alias bahan  baku split itulah, direspon oleh para pengusaha dengan mendirikan usaha industri penggilingan batu. Disisi lain erupsi Merapi pada dua tahun yang lalu juga menyebabkan sebagian masyarakat yang terkena dampak seperti Manisrenggo, Karangnongko dan Kemalang kehilangan mata pencaharian. Sehingga hal ini dapat dipandang sebagai salah satu solusi pemecahan masalah ketenagakerjaan pasca erupsi Merapi.

Akselerasi dinamika pembangunan fisik berupa jalan, jembatan dan perumahan akhir-akhir ini sangat banyak membutuhkan material berupa split. Seperti dituturkan Suradi pemilik salah satu penggilingan batu di kawasan industri penggilingan batu Palang, Sukorini  bahwa permintaan split untuk pembangunan fisik seperti jalan,jembatan serta perumahan sangat banyak sehingga perusahanan penggilingan yang jumlahnya puluhan unit tidak mampu memenuhinya.Permintaan split berasal dari wilayah Klaten,dan luar Klaten seperti Surakarta ,dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di kawasan  ini sekurangnya  berdiri sepuluh unit  industri penggilingan batu dan  dapat menyerap tenaga kerja  untuk masing-masing unit paling tidak 10 – 20 0rang.Tenaga kerja yang direkrut dalam usaha penggilingan batu ini berasal dari daerah sekitarnya seperti Cemeti,Polanharjo,Gampar.Karangeri ,Kalikajar,Ngemplak ,Keputran dan Kadilaju.Dengan adanya usaha penggilingan batu ini dirasakan oleh masyarakat sekitar dapat membantu peningkatan ekonomi terutama pendapatannya  .Terbentuknya  kawasan industir ini juga menumbuhkan usaha kuliner yang menyediakan makanan dan minuman terutama untuk para tenaga kerja. Lokasi kawasan ini cukup strategis karena dekat jalan aspal,dekat dengan bahan baku dan berada di bekas persawahan yang jauh pemukiman penduduk sehingga tidak menimbulkan gangguan. (www.klaten.info)

Oleh   :  Kiswanto

 

Tags:

usaha batu split penggilingan batu bisnis penggilingan batu

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Menjamurnya Penggilingan Batu, Bayak Menyerap Tenaga Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *