Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » MASYARAKAT » Mencoba Bangkit, Warga Korban Erupsi Merapi Belajar Membatik

Mencoba Bangkit, Warga Korban Erupsi Merapi Belajar Membatik

(68 Views) November 29, 2011 8:32 pm | Published by | No comment

Erupsi Merapi memang sudah berakhir, namun warga lereng Merapi di Desa Balerante, Kemalang, Klaten yang menjadi korban erupsi masih berusaha untuk bangkit dari keterpurukan. Sebagian dari mereka kehilangan mata pencaharian akibat erupsi Merapi yang terjadi beberapa waktu lalu.

Hal itu mendorong para relawan dari beberapa organisasi dan lembaga sosial kemanusiaan untuk memberi bantuan berupa pelatihan membatik beserta peralatannya. Dari bantuan tersebut, kemudian warga belajar mengembangkan kerajinan batik bermotif alam. Kedepannya, batik dengan motif alam tersebut bisa menjadi ciri khas dari Batik Merapi.

Yusuf Nugraha dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) selaku Koordinator Pelatihan Pembuatan Batik Merapi mengatakan pelatihan tersebut terbuka untuk umum tanpa batasan usia. Sebagian peserta adalah remaja lulusan SD yang putus sekolah. Dengan pelatihan tersebut, diharapkan dapat menjadi bekal untuk berwirausaha.

Dalam kegiatan sosial ini para peserta mendapat pelatihan membatik langsung dari ahli pembuat batik dari Kampung Batik Laweyan Solo, yang didukung oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HPI), serta lembaga The Global Fund For Children dari Washington DC, Amerika Serikat.

Tags:

kemalang klaten canting batik foto proses pelatihan membatik

Tags:
Categorised in:

No comment for Mencoba Bangkit, Warga Korban Erupsi Merapi Belajar Membatik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *