Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Malaysia Favorit TKI Klaten

Malaysia Favorit TKI Klaten

(65 Views) January 31, 2011 6:47 am | Published by | No comment

KLATEN – Malaysia masih berada di urutan pertama dalam daftar negara yang paling diminati oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Kabupaten Klaten. Dari persentase yang dicatat Dinsosnakertrans Klaten, Malaysia berada di angka 90 persen. sisanya (10 persen) merupakan gabungan untuk Brunei, Taiwan, Korea, dan Jepang.

“Dari surat rekrutmen yang masuk ke kami, menunjukkan bahwa Malaysia paling diminati oleh TKI,” kata Kepala Seksi Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Klaten Rinto Patmono di kantornya, kemarin (26/1).
Hanya saja, untuk angka atau jumlah TKI dari Klaten yang merantau ke negara lain masih tergolong rendah. Dari kisaran 3 ribu sampai 5 ribu TKI yang ditargetkan oleh Dinsosnakertrans Klaten, hanya 324 TKI yang akhirnya berangkat ke luar negeri pada tahun 2009. Sementara di tahun 2010 menurun menjadi 230 orang saja.
“Untuk target jumlah TKI yang ingin diberangkatkan oleh kami memang dibuat setiap tahunnya, tetapi untuk yang membuat target langsung adalah PPTKIS (Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta),” ujar Rinto.
Keberangkatan para TKI ini diakui oleh Rinto menjadi satu perhatian sendiri. Harapannya, setiap TKI yang pergi ke luar negeri, memiliki tujuan untuk mengumpulkan modal untuk kemudian membuka lowongan baru bagi tetangga-tetangga atau warga di sekitarnya. “Karena untuk pemasukan langsung dari mereka (PAD), memang tidak ada,” terangnya.
Namun, satu hal yang disyukuri oleh Rinto adalah belum terbukanya pengiriman tenaga kerja untuk non-formal. “Sejauh ini kita hanya mengirimkan TKI untuk industri formal, bukan non-formal. Sebab kita belum punya kemampuan untuk melakukan pengawasan untuk non-formal yang biasanya sampai ke rumah-rumah,” pungkas Rinto. (c1)

Disalin dari: Radar Jogja, 29 January 2011 11:29


Tags:
Categorised in: ,

No comment for Malaysia Favorit TKI Klaten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *