Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » DAERAH » Lurik Sutera, Inovasi Pengajin Lurik di Klaten

Lurik Sutera, Inovasi Pengajin Lurik di Klaten

(65 Views) November 27, 2011 10:54 am | Published by | 2 Comments

kain lurik klatenKain Lurik merupakan kain khas Klaten yang sudah lama dikenal, umumnya kain lurik di KLaten dibuat dengan bahan katun dan kini beberapa pengrajin di Klaten mulai memproduksi kain lurik dengan bahan baku sutera.

Mukardani salah satu pengrajin lurik di Klaten mengatakan saat ini kain lurik dengan bahan sutera mulai banyak dicari konsumen, karena kain sutera selain nyaman dipakai juga memberikan kesan mahal.

Untuk harga antara kain lurik dengan bahan katun dengan sutera terpaut cukup jauh, kain lurik katun kisaran harga Rp.50.000,- per meter sedangkan kain lurik sutera berkisar Rp. 300.000,- per meter.

Pengrajin lain Agus mengatakan pembuatan kain lurik sutera yang rumit juga menjadi faktor mahalnya kain jenis ini, apalagi bahan baku kepompong sutera belum dapat didapatkan di Klaten melainkan harus mendatangkan dari Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, dan Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pengrajin lurik sutera di wilayah Prambanan saling bekerjasama dengan pengrajin lurik di Cawas untuk memenuhin kebutuhan konsumen yang semakin banyak. Selain mulai banjir pesanan dari masyarakat Klaten kini kain lurik sutera mulai dilirik konsumen dari Bali dan Sumatera.

Para pengrajin lurik optimis kain tradisional khas Klaten akan berkembang pesat seperti halnya batik yang menjadi kain favorit di Indonesia.

 

Tags:

pabrik kain lurik Pengajin mail sutera info

2 Comments for Lurik Sutera, Inovasi Pengajin Lurik di Klaten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *