Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » DAERAH » Libur Lebaran, Ruas Jalan Menuju Candi Prambanan Dilanda Kemacetan

Libur Lebaran, Ruas Jalan Menuju Candi Prambanan Dilanda Kemacetan

(133 Views) July 9, 2016 7:49 am | Published by | No comment

Klaten – Kemacetan yang tidak lazim terjadi mulai dari ruas jalan di depan pabrik susu SGM Kemudo menuju ke arah Candi Prambanan. Peristiwa kemacetan ini tidak lazim karena biasanya, kemacetan pada arus mudik terjadi di ruas jalan yang menuju ke arah timur dan bukan yang ke arah barat.

Libur Lebaran, Ruas Jalan Menuju Candi Prambanan Dilanda Kemacetan

Libur Lebaran, Ruas Jalan Menuju Candi Prambanan Dilanda Kemacetan

Ada dua penyebab terjadinya kemacetan ini. Pertama adalah karena adanya beberapa kendaraan roda empat yang memutar arah dari ruas jalan menuju Solo menyeberang ke ruas jalan menuju Yogyakarta. Kedua adalah karena ramainya pengunjung Taman Wisata Candi Prambanan.

Ruas jalan yang menuju ke arah Solo dipenuhi kendaraan bermotor yang terpaksa membentuk tiga jalur karena begitu padatnya. Lampu-lampu lalu lintas di beberapa perempatan di sepanjang jalan raya Yogyakarta-Solo terpaksa dimatikan agar aparat kepolisian lebih leluasa mengatur arus lalu lintas yang membentuk kemacetan sepanjang hampir tiga kilometer. Kondisi kemacetan yang parah tersebut memaksa beberapa kendaraan beroda empat untuk memutar balik ke arah Yogyakarta. Hal inilah yang menyebabkan lalu lintas yang tidak lancar dari arah Kota Klaten menuju Candi Prambanan.

Padatnya lalu lintas di sekitar Candi Prambanan ikut memperparah kondisi kemacetan tersebut. Selama masa libur lebaran tahun ini ini, kompleks Taman Wisata Candi Prambanan diserbu pengunjung baik dari arah Yogyakarta maupun dari arah Klaten. Mulai dari tanggal 1 sampai 6 Juli saja terhitung jumlah pengunjung Taman Wisata tersebut adalah sebanyak 23.909 orang yang terdiri dari 22.191 orang wisatawan domestik dan 1.719 orang wisatawan mancanegara. Dibandingkan pada libur lebaran tahun lalu, pada libur lebaran tahun ini Taman Wisata Candi Prambanan diprediksi akan mengalami kenaikan pengunjung sebesar 10-15 persen atau sekitar 300.000 wisatawan. Penambahan wahana hiburan baru di sekitar kompleks wisata candi disinyalir sebagai faktor penyebab meningkatnya jumlah kunjungan ke taman wisata tersebut.

Walaupun kemacetan ruas jalan yang menuju Candi Prambanan sempat menyebabkan arus kendaraan yang padat merayap, kondisinya tidak separah arus jalan yang menuju Solo. Para pelintas dari arah Solo yang hendak menuju Yogyakarta tidak perlu khawatir akan hal tersebut karena ruas jalan tersebut diharapkan dapat menjadi lancar segera setelah kendaraan-kendaraan yang hendak memutar balik dapat dikendalikan.

Tags:

titik tengah karanganom dan karangnongko klaten

No comment for Libur Lebaran, Ruas Jalan Menuju Candi Prambanan Dilanda Kemacetan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *