Menu Click to open Menus
Home » KLATEN » Lestari, 21.424 ha sawah tak boleh diutak-utik

Lestari, 21.424 ha sawah tak boleh diutak-utik

(123 Views) March 13, 2010 6:46 am | Published by | No comment

Klaten (Espos) Areal persawahan lestari seluas 21.424 hektare di Kabupaten Klaten tak boleh diutak-utik atau dialihfungsikan oleh pihak manapun untuk keperluan selain pertanian. Ketentuan itu diberlakukan demi mempertahankan eksistensi Klaten sebagai salah satu daerah penyangga pangan di Jateng.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Klaten, Bambang Sigit Sinugroho saat ditemui di kantornya, Kamis (11/3), mengungkapkan, komitmen menjaga luas sawah lestari itu merupakan salah satu materi dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang saat ini masih dikonsultasikan dengan pemerintah provinsi.

”Ini masih menunggu sinkronisasi dengan RTRW daerah-daerah lain, khususnya yang berbatasan langsung dengan Klaten,” ungkapnya. Menurut Bambang, Raperda RTRW yang mengacu pada UU No 26/2007 tentang Penataan Ruang itu dibuat untuk merevisi Perda RTRW sebelumnya yang dinilai sudah tidak relevan dengan perkembangan saat ini.

Dia menuturkan, Raperda RTRW mencakup pembagian zona pembangunan. Selain sawah lestari, Raperda juga mencakup kawasan hunian, lokasi industri, cagar budaya, hutan lindung dan sebagainya. Dipaparkan dia, setelah draf selesai disinkronisasi di Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) Jateng, maka selanjutnya dibawa ke Jakarta.

Bambang menuturkan, di Jakarta draf Raperda diserahkan Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN). Bila disetujui, draf dimintakan rekomendasi ke Menteri Kehutanan. Pada bagian lain, Ketua Komisi I DPRD Klaten, Sriyanto mengatakan Raperda RTRW merupakan salah satu Raperda yang diprioritaskan dibahas tahun ini sesuai rekomendasi Balegda. – Oleh : rei

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Sabtu, 13 Maret 2010 , Hal.VII


Tags:

dana desa di juwiring yang cair lokasi pembuatan kain pel di bayat Lowongan kerja BPS sensu penduduk kec prambanan

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Lestari, 21.424 ha sawah tak boleh diutak-utik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *