Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Klaten jadi pilot project pupuk organik

Klaten jadi pilot project pupuk organik

(23 Views) February 19, 2010 5:33 am | Published by | No comment

Polanharjo (Espos) Menteri Pertanian (Mentan), Ir H Suswono, mengarahkan Klaten menjadi salah satu kabupaten pilot project pengelolaan pupuk organik di Indonesia.

Wacana itu dikemukakan Mentan kepada wartawan seusai acara Wilujengan Garap Pasiten di Desa Karanglo Kecamatan Polanharjo, Klaten, Rabu (17/2). Menurut Suswono, saat ini, pihaknya tengah mengusulkan pemberian bantuan 10.000 unit mesin pengolahan limbah organik beserta ternaknya. Setiap mesin pengolahan limbah beserta ternaknya itu bernilai Rp 350 juta.

Klaten menurut Suswono, merupakan salah satu daerah yang akan menerima bantuan tersebut dan selanjutnya menjadi percontohan bagi daerah lainnya. Namun diakuinya, bantuan itu kini masih dibahas dalam rapat panitia anggaran APBN Perubahan 2010. ”Mudah-mudahan bisa segera disetujui sehingga bisa dilaksanakan pada tahun 2010 ini,” tutur Suswono.

Lebih lanjut, Suswono menjelaskan, penggunaan pupuk organik terbukti mampu meningkatkan produktivitas petani dari sekitar lima ton per hektare (ha) menjadi sekitar 10 ton per ha. Selain meningkatkan produktivitas, kata Suswono, hasil panen tanaman dengan pupuk organik mempunyai harga jual lebih mahal daripada tanaman yang menggunakan pupuk nonorganik.

”Ke depan, negara-negara di Eropa dan Amerika sangat tertarik dengan produk pertanian organik. Mereka bisa memberi harga dua kali lipat dari harga biasa. Dengan begitu, kesejahteraan petani akan terjamin,” tandas Suswono. – Oleh : m82

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Kamis, 18 Februari 2010 , Hal.VII


Tags:

plumbon karanglo polanharjo klaten jawa tengah indonesia

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Klaten jadi pilot project pupuk organik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *