Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » FITUR » KH. Hartoyo Kembali Terpilih Menjadi Ketua MUI Kab.Klaten Periode 2013-2017

KH. Hartoyo Kembali Terpilih Menjadi Ketua MUI Kab.Klaten Periode 2013-2017

(137 Views) December 18, 2012 7:15 pm | Published by | No comment
KH.Hartoyo-MUI Klaten

KH.Hartoyo

KLATEN – Pada pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) MUI Kab. Klaten yang di laksanakan di aula kantor Kementrian Agama Jalan Veteran, Klaten Utara, Sabtu (15/12/2012), KH. Hartoyo kembali terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kab.Klaten periode 2013-2017.

Pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) MUI Kab.Klaten diikuti oleh pengurus MUI Kab.Klaten sejumlah 77 orang dan perwakilan dari tiap kecamatan sejumlah 78 orang, tiap kecamatan 3 orang terdiri dari 1 orang dari KUA dan 2 orang pengurus MUI tingkat kecamatan.  Musyawarah Daerah (Musda) dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Mardoyo dan dihadiri Sekretaris MUI Jateng Ahmad Rofiq, Kepala Kementerian Agama Drs. H Mustari MPdI, Kabag Kesra Bambang Sujarwo, Muspida dan para ulama di Klaten.

“Setelah pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda ) selesai, tugas kami selanjutnya adalah melengkapi kepengurusan MUI Kab.Klaten, karena yang terbentuk baru pengurus harian. Melengkapi kepengurusan juga bukan hal yang mudah, kita mencari tokoh yang mempunyai kemampuan dan mempunyai kemauan untuk bekerja bersama MUI, bekerja di MUI bayarannya adalah di akhirat.” ujar KH Hartoyo  saat ditemui kontributor.

Majelis Ulama Indonesia sendiri merupakan wadah atau majelis yang menghimpun para ulama, zuama dan cendekiawan muslim Indonesia untuk menyatukan gerak dan langkah-langkah umat Islam Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bersama. Majelis Ulama Indonesia (MUI) berdiri pada tanggal, 7 Rajab 1395 H, bertepatan dengan tanggal 26 Juli 1975 di Jakarta, sebagai hasil dari pertemuan atau musyawarah para ulama, cendekiawan dan zu’ama yang datang dari berbagai penjuru tanah air. Antara lain meliputi dua puluh enam orang ulama yang mewakili 26 Propinsi di Indonesia, 10 orang ulama yang merupakan unsur dari ormas-ormas Islam tingkat pusat, yaitu, NU, Muhammadiyah, Syarikat Islam, Perti. Al Washliyah, Math’laul Anwar, GUPPI, PTDI, DMI dan al Ittihadiyyah, 4 orang ulama dari Dinas Rohani Islam, AD, AU, AL dan POLRI serta 13 orang tokoh/cendekiawan yang merupakan tokoh perorangan. Adapun fungsi dan peran utama Majelis Ulama Indonesia (MUI) yaitu:

  1. Sebagai pewaris tugas-tugas para Nabi (Warasatul Anbiya)
  2. Sebagai pemberi fatwa (mufti)
  3. Sebagai pembimbing dan pelayan umat (Riwayat wa khadim al ummah)
  4. Sebagai gerakan Islah wa al Tajdid
  5. Sebagai penegak amar ma’ruf dan nahi munkar

“MUI itu bertugas sebagai pengayom dan motivator umat islam.” tegas KH Hartoyo mengakhiri pembicaraan.

Oleh : Warsito

Tags:

ketua MUI klaten kantor mui klaten KAB KLATEN

Tags:
Categorised in: , ,

No comment for KH. Hartoyo Kembali Terpilih Menjadi Ketua MUI Kab.Klaten Periode 2013-2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *