Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Kaum tunanetra Klaten protes Pemilu

Kaum tunanetra Klaten protes Pemilu

(52 Views) March 16, 2009 5:56 am | Published by | No comment

Klaten (Espos) – Kaum tunanetra yang tergabung dalam Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Klaten memprotes proses pelaksanaan pemilihan yang bakal digelar April mendatang.

Protes disampaikan mengingat pelaksanaannya belum mencerminkan keberpihakan kepada kaum penyandang cacat seperti mereka.

Ketua Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) ITMI Klaten, Suroyo kepada wartawan, akhir pekan lalu menilai proses pemilihan masih cukup menyulitkan bagi kaum tunanetra.

Dia berharap, agar kaum tunanetra mendapatkan fasilitas atau alat bantu agar dapat menyampaikan hak suaranya dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

“Menyulitkan, tidak aksesibel,” kata dia di sela-sela pelaksanaan Diklat Pemberantasan Buta Huruf Alquran Braille, Mesjid Annuur, Bareng Lor, Klaten Utara.

Dia juga mempertanyakan mengenai azas rahasia dalam pelaksanaan Pemilu. Bila rahasia, mengapa kaum tunanetra harus diantar oleh panitia setempat untuk memilih.

“Kalau mencoblos kan harus sendiri. Tetapi gimana mau rahasia, wong tunanetra diantar panitia? Wong panitia sekarang banyak yang sulit dipercaya?” kata dia.

Anggota KPU Klaten bidang sosialisasi Pemilu, Suharso mengatakan, dalam proses pemilihan, kaum tunanetra dapat dibantu oleh petugas Komite Pelaksanaan Pemungutan Suara (KPPS) setempat. Mereka dibantu untuk proses pemilihan tersebut.

“Sesuai kehendak pemilih, dan disaksikan petugas KPPS lainnya. Setelah itu petugas menandatangani pernyataan untuk merahasiakan pilihan. Upaya ini dilakukan untuk membantu kaum tunanetra dan yang tidak memiliki kedua tangannya,” jelas Suharso.

Terkait azas kerahasiaan, Suharso mengungkapkan, panitia KPPS setelah membantu para penyandang cacat tersebut, diwajibkan menandatangani pernyataan untuk merahasiakan pilihan pemilih.

Oleh: Heriyono Adi Anggoro
Disalin dari: SOLOPOS, 15-Maret-2009

Tags:

pemilu tunanetra klaten

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Kaum tunanetra Klaten protes Pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *