Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Jumlah siswa SMP tak lulus Ujian Nasional bertambah

Jumlah siswa SMP tak lulus Ujian Nasional bertambah

(36 Views) June 24, 2009 5:25 am | Published by | 1 Comment

Klaten (Espos) – Jumlah siswa sekolah menengah pertama (SMP) beserta sekolah sederajat yang tak lulus Ujian Nasional (UN) di Klaten bertambah. Penambahan angka terjadi setelah data kelulusan siswa sekolah swasta rampung direkap, pekan lalu.

Kasi SMP Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Klaten, Sutarto saat ditemui wartawan di Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, Senin (22/6) mengatakan, jumlah siswa tak lulus UN SMP dan sekolah sederajat kini mencapai 778 siswa. Jumlah tersebut bertambah dari sebelumnya hanya 643 siswa.
“Setelah disinkronisasi dan kemarin ada data tambahan yang sebelumnya belum masuk yakni dari sekolah swasta, jumlahnya menjadi sebanyak itu,” ungkapnya.

Dengan demikian, simpulnya, persentase kelulusan UN SMP dan sekolah sederajat di Klaten tahun ini terkoreksi dari 96,32% menjadi 95,59% dari total peserta UN sebanyak 17.462 siswa. Sutarto mengakui Klaten belum mampu menyaingi dua wilayah lainnya di Soloraya, yakni Sragen dan Wonogiri, dalam angka kelulusan. “Dalam tiga tahun terakhir, rata-rata kelulusan selalu berada di bawah Sragen dan Wonogiri,” aku dia.

Kendati demikian, angka kelulusan terbilang baik, mengingat berbagai faktor persoalan mendera dunia pendidikan Klaten. Sutarto menjelaskan, faktor bencana gempa bumi yang menimpa Klaten beberapa tahun lalu juga salah satu imbas belum maksimalnya belajar para siswa.

Dewan Pendidikan (DP) Klaten menilai persentase kelulusan membaik dari tahun sebelumnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, persentase kelulusan berada di angka 93% hingga 94%. Dia menilai kenaikan terjadi karena sejumlah sekolah melakukan upaya maksimal untuk meningkatkan jumlah siswa yang lulus. Selain itu, ada upaya sinergi dari seluruh wali murid terkait hal itu. – Oleh : haa

Disalin dari: Edisi : Selasa, 23 Juni 2009 , Hal.VII

Tags:

hasil ujian nasional 2015/2016 smpn 1 tulung klaten polwan kecamatan tulung klaten Sekolah swasta di klaten yang ada jurusan boga

Categorised in: ,

1 Comment for Jumlah siswa SMP tak lulus Ujian Nasional bertambah

  • agus says:

    Sudah sepantasnya kita bersyukur atas hasil kelulusan tahun ini, meski hasilnya belum maksimal. Namun dengan upaya-upaya peningkatan, semoga tahun depan lebih baik lagi hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *